Gempa Bumi di Cianjur

Ini Curhatan Pimpinan Ponpes Darul Fallah kepada Presiden Jokowi, Masjid Ambruk Kena Gempa Cianjur

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Fallah, KH Choirulanam, bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya masjid pesantren yang ambruk terkena imbas gempa Cianjur

TRIBUNJABAR/FERRI AMIRIL M
Pimpinan Pondok Pesantren Darul Fallah, KH Choirulanam, bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya masjid pesantren yang ambruk terkena imbas gempa akan mendapat bantuan dan hari ini, Senin (5/12/2022) langsung dikunjungi oleh presiden Joko Widodo. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pimpinan Pondok Pesantren Darul Fallah, KH Choirulanam, bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya masjid pesantren yang ambruk terkena imbas gempa Cianjur akan mendapat bantuan dan hari ini, Senin (5/12/2022) langsung dikunjungi oleh Presiden  Jokowi (Joko Widodo).

Choirulanam mengatakan, awalnya ia disapa dalam sebuah pertemuan dengan presiden di Jakarta.

Choirulanam menceritakan bahwa masjid di pesantren yang terletak di Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang gempa.

Presiden lalu menyampaikan rasa prihatinnya dan saat itu berjanji akan mengunjungi masjid di pesantren Darul Fallah.

Baca juga: Pantau Penanganan Gempa Cianjur, Uu Ruzhanul Ulum Pastikan Kebutuhan Pengungsi Terpenuhi

"Ia beliau menyampaikan rasa turut prihatin dengan gempa yang ada di sekitar Pondok Pesantren ini walaupun di Kecamatan Warungkondang bukan pusat gempa ternyata korbannya banyak dalam arti fisik ya kemudian secara spesifik memang saya hari Sabtu yang lalu itu ketemu di acara pernikahan di Jakarta dengan beliau," ujar Choirulanam.

Presiden juga bertanya mengenai kondisi Choirulanam beserta para santri. Setelah mengobrol, Presiden langsung ingin meninjau ke pesantren.

"Setelah melihat bangunan masjid yang memang total ambruk itu langsung tadi diinstruksikan kepada Menteri PUPR supaya ada skala prioritas kata Pak Jokowi. Masjid yang ditujukan adalah masjid di pesantren Darul Falah ini," ujar Choirulanam.

Ia mengatakan, masjid yang ambruk itu ukurannya 22×28 meter. Dalam kunjungan ke pesantren, Presiden juga memberikan sembako dan didampingi tiga menteri, yakni Menko Perekonomian, Menteri PMK, dan Menteri PUPR.

Kedatangan Presiden Jokowidodo ke Cianjur yang ketiga kalinya untuk memastikan dimulainya pembangunan rumah di kawasan relokasi.

Selain itu ia mengumumkan bantuan uang untuk korban gempa juga akan dimulai pada hari Kamis pekan ini.

"Saya memastikan pembangunan tempat relokasi untuk korban dimulai hari ini, lalu untuk bantuan uang yang Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 10 juta juga sudah verifikasi dan mulai dibagikan Kamis ini, ada yang langsung dan melalui tabungan," ujar Jokowi.(fam)

Artikel TribunJabar.id lainnya bisa disimak di GoogleNews.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved