Polres Cirebon Kota Bakal Terapkan E-Drives untuk Ujian Praktik SIM, Kelulusan Ditentukan Sistem

Sensor E-Drives juga akan memberikan penilaian secara otomatis akan memberikan penilaian kepada peserta dalam tahap ujian praktik SIM.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar (kiri), saat mengecek kesiapan ujian praktik SIM menggunakan E-Drives di Satpas Polres Cirebon Kota, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Sabtu (3/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Polres Cirebon Kota bakal menerapkan Electronic Driving Test System (E-Drives) dalam ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, E-Drives merupakan sistem untuk uji praktik SIM yang menggunakan sensor khusus.

Karenanya, menurut dia, lulus atau tidaknya setiap pemohon yang mengikuti ujian tersebut tidak lagi ditentukan petugas, melainkan oleh sistem itu.

Baca juga: Warga Cimahi-KBB Bisa Perpanjang SIM hingga Bayar Pajak Kendaraan di MPP Kota Cimahi

"Kami akan melaunching ujian praktik SIM menggunakan E-Drives dalam waktu dekat," ujar M Fahri Siregar saat ditemui di Satpas Polres Cirebon Kota, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Sabtu (3/12/2022).

Saat itu, Fahri juga tampak meninjau langsung simulasi ujian praktik SIM menggunakan E-Drives yang dilakukan oleh dua personel Satlantas Polres Cirebon Kota.

Keduanya juga terlihat mengenakan kartu yang dikalungkan ke lehernya mobil dan sepeda motor, kemudian melintasi lintasan khusus yang disediakan.

Selain itu, Fahri juga turut memantau ruang kontrol yang merekam data ujian praktik SIM tersebut. Bahkan, data itu pun ditampilkan secara langsung di dua monitor.

"E-Drives ini menggunakan sensor khusus di kartu yang dikalungkan, sehingga datanya langsung terekam saat pemohon melintasi rintangan," kata M Fahri Siregar.

Ia mengatakan, sensor E-Drives juga akan memberikan penilaian secara otomatis akan memberikan penilaian kepada peserta dalam tahap ujian praktik SIM.

Menurut dia, kelulusan dari ujian praktik SIM ditentukan oleh penilaian sistem tersebut sehingga prosesnya berlangsung secara ketat dan transparan.

Pihaknya mengaku telah mengecek secara langsung mekanisme dan peraturan dalam pembuatan SIM menggunakan E-Drives.

Baca juga: Mobil SIM Keliling Diperbaiki, Pelayanan Dihentikan Sementara, Warga Bisa Datangi Mapolres Ciamis

Termasuk fungsi dan kemampuan alat yang digunakan dalam pembuatan SIM menggunakan E- Drives serta kesiapan operator yang akan mengoperasikannya.

"Alhamdulillah, dari hasil pengecekan semuanya sudah siap, dan kami akan melaunching layanan ini dalam waktu dekat," ujar M Fahri Siregar.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved