Jalan Cibolerang Bandung Ambles, Butuh Waktu 1 Bulan Perbaikan, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Butuh waktu satu bulan untuk perbaikan jembatan Jalan Cibolerang yang ambles akibat tergerus air sungai, Jumat (2/12/2022).

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Pekerja Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tengah melakukan evakuasi jalan ambles di Jalan Cibolerang, Kelurahan Cigondewah Kulon, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jumat (2/12/2022). Kejadian ini akibat fondasi yang sudah rapuh ditambah bertambahnya debit air. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Butuh waktu satu bulan untuk perbaikan jembatan Jalan Cibolerang yang ambles akibat tergerus air sungai, Jumat (2/12/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Sandi Suhendar, mengatakan, fondasi jembatan di Jalan Cibolerang itu tergerus karena tak mampu menahan debit air sungai

"Mungkin cukup besar (air) sehingga tergerus dan mengakibatkan jalannya bergerak terpengaruh," ujar Sandi Suhendar, Jumat (2/12/2022).

Saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan pada bagian jalan yang mengalami ambles cukup dalam.

Baca juga: Pergerakan Tanah di Warungkiara Sukabumi, Jalan Retak Hingga Ambles, Dinding Rumah pun Jebol

Pembongkaran material pun dilakukan menggunakan alat berat.

"Pembongkaran material, supaya tidak mengganggu tepi sungai. Nanti melakukan penilaian terhadap kondisi dan nanti seperti apa setelah melihat area," katanya.

Ia memperkirakan perbaikan jembatan akan memakan waktu sekitar satu bulan hingga benar-benar rampung.

"Kira-kira secepatnya, mungkin sekitar 1 bulanan penanganan," ucapnya.

Baca juga: Jalan ke Tempat Wisata di Sukabumi Ini Ambles, Truk Pasir Sering Melintas ke Jalur Wisata Air Panas

Jalan Raya Cibolerang, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, ambles akibat fondasi jembatan tergerus luapan air sungai, Jumat (2/12/2022).

Kapolsek Babakan Ciparay, Kompol Wawan Setiawan, mengatakan, jembatan tersebut ambles pada pagi tadi, sekitar pukul 06.00 WIB.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari petugas PUPR, luasan jalan yang ambles tersebut memiliki panjang tujuh meter dengan lebar empat meter dan kedalaman 20 cm.

"Kemarin seharian hujan debit air banyak sehingga air dari arah Pasirkoja yang mengarah ke selokan Cibolerang ini menggerus fondasi jembatan. Fondasi di atas ikut tergerus sehingga terjadi anjlok atau ambles," ujar Wawan saat ditemui di lokasi. 

Saat ini, kata Wawan, petugas dari Polsek langsung melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Sebab, sementara jalan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Sementara ini, warga yang hendak menuju  Taman Kopo Indah (TKI) dan Cigondewah dari arah Cibolerang tidak dapat melalui jalan tersebut.

"Untuk pengaturan lalu lintas arah barat menuju ke sini, diarahkan ke Holis. Dari arah Kopo timur diarahkan ke Utara dan Holis, kecuali bagi warga yang mau mengisi ke SPBU tetap dibuka," katanya. 

Saat ini, petugas dari PUPR pun tengah melakukan pembongkaran jalan menggunakan bor dan alat berat. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Tribun Shopping

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved