Piala Dunia 2022

Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Nanti, Ghana vs Uruguay, Aroma Balas Dendam di Stadion Al Janoub

Jadwal Piala Dunia malam nanti, Ghana vs Uruguay di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat (2/12) malam nanti.

Tribunnews
Grafik data dan fakta Ghana vs Uruguay. 

TRIBUNJABAR.ID - Jadwal Piala Dunia malam nanti, Ghana vs Uruguay di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat (2/12) malam nanti.

Laga Ghana vs Uruguay beraroma balas dendam dalam laga terakhir penyisihan grup H Piala Dunia 2022.

Di grup H ini hanya Portugal yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dengan mengantongi enam poin.

Tiga tim lain berebut satu tiket tersisa. Ghana di peringkat dua dengan tiga poin, diikuti Korea Selatan satu poin, dan Uruguay juga satu poin.

Baca juga: Korea Selatan vs Portugal, Piala Dunia 2022, Ironi Paulo Bento, Cristiano Ronaldo Diragukan Tampil

Skenario lolos ke 16 besar dari Ghana adalah, mereka harus mengalahkan Uruguay.

Jika pun imbang, tim berjuluk The Black Stars ini bakal tetap lolos asalkan Korea Selatan gagal mengalahkan Portugal.

Sedang bagi Uruguay, mereka wajib mengalahkan Ghana untuk lolos, dengan catatan Korsel imbang, atau kalah lawan Portugal.

Jika Korsel menang, maka poinnya akan sama dengan Uruguay, dan akan dihitung berdasarkan selisih gol, atau jika hasilnya tetap sama, maka akan berdasar jumlah gol yang dicetak.

Ghana menghadapi Uruguay dengan ingatan buruk pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Kala itu, The Black Star nyaris menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak semifinal. Harapan itu hancur gara-gara tingkah pemain bintang Uruguay, Luis Suarez kala itu.

Pada 12 tahun lalu, dunia sepak bola dihebohkan setelah Suarez sengaja menepis bola dengan tangannya untuk menggagalkan potensi gol kubu Ghana dsaat perpanjangan waktu pada perempat final.

Saat skor 1-1, Striker Ghana, Dominic Adiyah menyundul bola ke gawang yang kosong, tapi Suarez menepisnya. Penyerang berjuluk "El Pistolero" ini diusir wasit, dan Ghana mendapat hadiah penalti.

Bek Ghana Mohammed Salisu (Kiri) merayakan gol pembuka dengan rekan setimnya gelandang Ghana Salis Abdul Samed pada pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Korea Selatan dan Ghana di Stadion Kota Pendidikan di Al-Rayyan, Doha, Senin (28/11/2022) malam.
Bek Ghana Mohammed Salisu (Kiri) merayakan gol pembuka dengan rekan setimnya gelandang Ghana Salis Abdul Samed pada pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Korea Selatan dan Ghana di Stadion Kota Pendidikan di Al-Rayyan, Doha, Senin (28/11/2022) malam. (JUNG Yeon-je / AFP)

Sialnya, penalti Asamoah Gyan membentur mistar gawang. Suarez merayakan dengan liar di terowongan. Dan ketidakadilan itu diperparah saat pertandingan berlanjut ke adu penalti, di mana Uruguay menang.

Duel malam ini menjadi peluang bagi Ghana untuk membalaskan dendam. Skuat asuhan Otto Addo ini pun sibuk menutupi aroma dendam itu, meski mereka juga mengakui bahwa lukanya masih terasa.
Mantan striker West Ham, dan Swansea, Andre Ayew mengatakan, "Saya satu-satunya yang tersisa di skuad sejak itu terjadi. Semua orang tahu bagaimana perasaan kami. Semua orang merasa tidak enak, tapi bagi saya, saya hanya ingin melaju ke babak berikutnya di Piala Dunia ini," ujarnya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved