Hingga Hari Ke-11 Pascagempa Bumi, Tercatat Ada 373 Gempa Susulan Terjadi di Cianjur

"Kalau berdasarkan hitungan kami, gempa susulan ini akan terjadi hingga satu minggu ke depan, namun untuk plus minusnya..."

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Koordinator bidang Data dan Informasi Stasiun Geofisika Bandung, Virga Librian di Pendopo Cianjur, Jumat (2/12/2022) 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Memasuki hari Ke-11 pascagempa bumi Cianjur magnitudo 5.6 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 373 kali gempa susulan. 

Koordinator bidang Data dan Informasi Stasiun Geofisika Bandung, Virga Librian mengatakan, pasca gempa utama magnitudo 5.6 tercatat telah ada 373 kali gempa susulan.

"Hingga pulul 17.00 tadi, telah terjadi 373 kali gempa susulan, dengan magnitudo terbesar 4.2 hingga terkecil 1.0," katanya pada wartawan di Pendopo Cianjur, Jumat (2/12/2022). 

Selain itu lanjut dia, pada Jumat (2/12/2022) gempa susulan tercatat sudah terjadi 10 kali, dua diantaranya dirasakan masyarakat. 

"Kalau berdasarkan hitungan kami, gempa susulan ini akan terjadi hingga satu minggu ke depan, namun untuk plus minusnya berapa harinya ini harus dihitung dari gempa susulan saat ini," ucapnya.

Baca juga: Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah 2 Orang, Tengah Dirawat di RSHS Bandung Akibat Luka Berat

Dia mengatakan, meski gempa susulan diprediksi akan selesai pada satu minggu kedepan akan berhenti. Tetapi kemungkinan masih akan merilis satu hingga dua kali gempa susulan. 

"Berdasarkan data yang ada hingga saat ini, terhitung dari Senin (21/11/2022) hingga Jumat (2/12/2022) ini memang gempa susulan sudah mulai melemah, dan kemungkinan masih ada yang dirasakan," kata dia. 

Dia menambahkan, gempa susulan yang diperkirakan masih terjadi hingga satu minggu kedepan ini kekuatan gempanya tidak akan terjadi seperti gempa awal. 

Menurut data yang diperoleh dari BMKG gempa susulan terakhir terjadi Jumar (2/12/2022) sekitar pukul 20.41, berjarak 5 kilometer barat laut Kabupaten Cianjur berkekuatan magnitudo 1.5 dengan kedalaman 10 kilomater. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved