Polres Sukabumi Akan Gunakan ETLE Mobile, Aplikasinya Dipasang di Setiap Ponsel Anggota Polres

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudo S mengatakan, terdapat tiga jenis ETLE yang berlaku,  yaitu ETLE Statis, Dinamis, dan ETLE Mobile

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudo S 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Satlantas Polres Sukabumi, tengah bersiap menerapkan tilang elektronik atau sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penerapan ETLE di setiap wilayah akan berbeda. Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudo S mengatakan, terdapat tiga jenis ETLE yang berlaku,  yaitu ETLE Statis, Dinamis, dan ETLE Mobile.

"Untuk ETLE kami baru mendapatkan arahan dari Ditlantas minggu kemarin hari Senin terkait masalah ETLE," kata Bagus saat ditemui di kantornya, Rabu (30/11/2022).

Petugas National Traffic Managemen Center (NTMC) Korlantas Polri mengamati pergerakan arus lalu lintas pada layar seusai acara peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Tahap 1 di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021). Polri secara resmi meluncurkan tilang elektronik atau ETLE bersama 12 Polda jajaran dengan menempatkan sebanyak 244 titik kamera ETLE yang akan menargetkan 10 jenis pelanggaran lalu lintas seperti melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak mengenakan sabuk keselamatan, mengemudi dengan mengoperasikan gawai, melanggar batas kecepatan, menggunakan pelat palsu, dan tidak menggunakan helm. Tribunnews/Jeprima
Petugas National Traffic Managemen Center (NTMC) Korlantas Polri mengamati pergerakan arus lalu lintas pada layar seusai acara peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Tahap 1 di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021). Polri secara resmi meluncurkan tilang elektronik atau ETLE bersama 12 Polda jajaran dengan menempatkan sebanyak 244 titik kamera ETLE yang akan menargetkan 10 jenis pelanggaran lalu lintas seperti melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak mengenakan sabuk keselamatan, mengemudi dengan mengoperasikan gawai, melanggar batas kecepatan, menggunakan pelat palsu, dan tidak menggunakan helm. Tribunnews/Jeprima ((Tribunnews/JEPRIMA))

Lalu, di antara tiga jenis ETLE mana yang akan dipakai di Kabupaten Sukabumi?

Bagus menjelaskan, di Kabupaten Sukabumi direncanakan akan memakai ETLE Mobile, dimana ETLE ini nanti dibuat aplikasi di masing-masing handphone anggota polisi.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait ETLE Mobile.

Baca juga: Warga Jakarta Mengaku Korban Salah Tilang ETLE Mobilnya Warna Hitam tapi di Foto Tilang Warna Silver

"Kalau untuk bocoran (pelaksanaan) kami belum bisa membocorkan seperti apa, namun sesegera mungkin akan kami sosialisasikan kepada masyarakat, bahwa ETLE mobile yang sudah berjalan, mengingat beberapa Polres ini sudah mulai berjalan, di Sukabumi pun segera akan dilaksanakan," jelas Bagus. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved