Gempa Bumi di Cianjur

Pa Uu Minta Kyai Kerahkan Santri Bangun Pemulihan Bencana Cianjur

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang akrab disapa Pa Uu meninjau posko pengungsian di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Rabu

dok Biro Adpim Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang akrab disapa Pa Uu meninjau posko pengungsian di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang akrab disapa Pa Uu meninjau posko pengungsian di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11/2022).

Pa Uu meminta para Kyiai untuk mengerahkan santrinya membantu proses pemulihan di kawasan terdampak Gempa Cianjur.

Selain meninjau ke posko pengungsian, Pa Uu meninjau posko JQR, posko pencarian, posko Basarnas dan meninjau Pesantren Al-Bahjah.

UU sendiri langsung ditugaskan oleh Gubernur Ridwan Kamil yang ketiga kalinya untuk memantau penanganan bencana yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar Inventarisasi Hewan Ternak Terdampak Gempa Cianjur

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan semaksimal mungkin melalui tanggap darurat terutama dengan Jawa barat dan juga JQR sertavJabar bergerak semuanya stand by di sini di Kabupaten Cianjur," ujarnya kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Uu mengatakan, warga Cianjur saat ini membutuhkan secepatnya pemulihan dari bencana. Agar masyarakat tidak lama larut dalam duka kebencanaan sehingga mengalami trauma.

"Saya barusan sudah rapat dengan pihak JQR dan BPBD dan mungkin akan dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera membereskan yang ada di daerah yang rumahnya ambruk," katanya.

Ia mengatakan, tahap pembangunan harus menunggu tahap kedua. Saat ini yang terpenting, masyarakat membereskan puing-puing rumah yang ada di daerah bencana.

"Rumah ataupun apapun segera dibersihkan, sehingga, kami meminta kepada JQR dan BPBD Provinsi Jawa Barat untuk mencari relawan tenaga yang dibutuhkan untuk mengerjakan, membersihkan puing-puing itu sehingga masyarakat matanya dan pikirannya tidak melihat rumah yang hancur tidak melihat rumah yang ambruk," katanya.

Selain itu, Uu akan meminta kepada para kyai untuk memberikan bantuan tenaga para santrinya dikirim ke Cianjur untuk ikut membantu.

Baca juga: Satu Lagi Korban Gempa Cianjur Meninggal, Sebelumnya Kondisinya Sudah Drop

"Kalau boleh saya minta tenaga relawan yang tidak dibayar yang bekerjasama dengan properti untuk datang ke sini kalau perlu minta juga bahan bangunan ya bisa apa saja untuk membantu mereka meringankan bencana ini," katanya.

Tahapan selanjutnya, Uu akan membangun bisnis masyarakat dengan cara para korban yang ada di daerah agar segera melaksanakan kegiatan aktivitasnya sehari-hari.

"Yang biasa dilakukan mereka kerjakan jangan terus termenung diam di tenda, ujungnya mereka akan sakit," katanya. (*) 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved