Domba Tangkas Milik Dadan Ditawar Rp 50 Juta, Belum Dilepas, Harga Mungkin Naik Lagi

"Informasi mahalnya domba tangkas itu benar. Domba saya saja, terakhir ditawar Rp 50 juta kang,"

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Domba tangkas milik Dadan warga Desa Cibinuang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, yang pernah ditawar Rp 50 juta, Rabu (30/11/2022).  

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Pasaran domba tangkas di Kuningan semakin mahal. Hal itu dialami petrernak domba tangkas, Dadan (32), warga Desa Cibinuang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

"Informasi mahalnya domba tangkas itu benar. Domba saya saja, terakhir ditawar Rp 50 juta kang," kata Dadan saat ditemui di kandang domba di Desa Cibinuang, Rabu (30/11/2022).

Dadan menyebut, mahalnya domba tangkas ini akibat beberapa faktor. Di antaranya, karakter domba saat di pamidangan atau di lokasi laga terlihat bagus.

Domba tangkas milik Dadan warga Desa Cibinuang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, yang pernah ditawar Rp 50 juta, Rabu (30/11/2022). 
Domba tangkas milik Dadan warga Desa Cibinuang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, yang pernah ditawar Rp 50 juta, Rabu (30/11/2022).  (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

"Keindahan dari karakter domba di pamidangan, itu dari dedeg atau postur tubuh domba, potongan bulu domba dan melangkah mundur saat di lokasi laga," kata Dadan.

Ia mengatakan domba tangkas ini memiliki waktu perawatan dan pasokan pakan yang khusus. Ia pun belum melepas domba asuhannya itu meski sudah ditawar Rp 50 juta.

Baca juga: Domba Garut Milik Radi di Indramayu Laku Rp 5,5 Juta Untuk Kurban, Badannya Besar, Bobotnya Segini

"Kami sangat memperhatikan pakannya. Pakan baik itu biasanya rumput biasa, ampas tahu, jantung pisang, buah nangka muda atau gori plus jamu atau dedaunan herbal," kata Dadan.

Dadan menaksir harga domba dengan sebutan durgala ini termasuk dalam kelas C yaitu bobot di bawah 60 kg dan berumur kurang dari dua tahun.

Baca juga: Mengenal Delman Domba di Taman Alun-alun Ciamis, Cocok untuk Bermain Anak-anak di Sore Hari

"Dengan bobot sekarang sudah ada yang naksir Rp 50 juta. Ini tidak menutup kemungkinan, akan lebih mahal dalam pertumbuhan di tahun berikutnya," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved