Pembagian Bansos di Kota Bandung Hingga Jumat 2 Desember 2022, Silakan Datangi Kantor Pos Terdekat

"Kami kolaborasi dan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Bandung untuk penyalurannya. Ya target tiga hari selesai 100 persen"

dok Humas Kota Bandung
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana secara simbolis memberikan bansos kepada disabilitas di Kantor Pos Cabang Utama Bandung, Jalan Asia Afrika, Selasa (29/11/2022) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung menyalurkan bantuan sosial (bansos) dalam pengendalian inflasi 2022 ke 15.280 keluarga penerima manfaat (KPM). Mereka mendapat bantuan berupa uang tunai Rp 450 ribu yang dibayarkan langsung untuk Oktober, November, dan Desember. 

Total anggaran yang disiapkan Pemkot Bandung sebesar Rp 7 miliar. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan bantuan yang disalurkan bersumber dari dana APBD Pemkot Bandung untuk warga terdampak kenaikan BBM yang belum mendapatkan bantuan.

"Ya dari 112 ribu data DTKS terdampak kenaikan BBM, ada 98 ribuan KPM sudah tercover bantuan pusat, dan ada 15 ribuan KPM yang belum ter-cover, nah itu lah yang sekarang kami beri bantuan," katanya, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Tak Dapat Bansos, Seorang Nenek di Pangandaran Menangis Mendatangi Ketua RT, Minta Keadilan

Ancaman resesi global dan inflasi akibat kenaikan BBM, Pemkot Bandung terus berupaya menekan harga barang dan meningkatkan daya beli masyarakat. Yana berharap, bantuan sosial tersebut dapat dipergunakan untuk hal produktif sehingga ekonomi di Bandung pulih.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiyar, menambahkan sebanyak 280 KPM mendapat bantuan sandang dan pangan bagi lansia dan disabilitas. Adapun proses penyaluran bantuan akan berlangsung selama tiga hari mulai Senin (28/11/2022) sampai 2 Desember 2022.

Baca juga: Pemkab Cirebon Siapkan Anggaran Rp 7,46 Miliar untuk Bansos, Disalurkan Mulai Bulan Depan

"Kami kolaborasi dan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Bandung untuk penyalurannya. Ya target tiga hari selesai 100 persen," ujarnya.

Eksekutif General Manager PT Pos Indonesia, Budi Haryanto mengaku telah menyebarkan surat panggilan kepada para KPM. Surat tersebut disalurkan melalui kecamatan, lalu ke kelurahan dan RW.

"Kami sudah jadwalkan, target tadi semuanya selesai selama tiga hari," ujarnya.

Baca juga: Mulai Oktober Pemkab Ciamis Salurkan Dana Bansos Rp 6 Miliar, Bupati: Jangan Sampai Ada Potongan

Ada tiga cara penyaluran bantuan yang telah disiapkan PT Pos Indonesia yakni; pertama, bisa dibayarkan langsung di kantor pos terdekat. Kedua melalui komunitas dan kelurahan, dan terakhir home visit bagi disabilitas dan lansia. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved