Kondisi Tinggi Muka Air di Sungai Citarum Wilayah Karawang Masuk Kondisi Siaga, Warga Harus Waspada

"Biasanya kalau mendekati TMA 12, sudah ada beberapa rumah yang terendam banjir. Kami masih terus memantau kondisinya saat ini"

Tribun Jabar / Cikwan
Jembatan penyeberangan Sungai Citarum di Dusun Rumambe 1, Desa Anggadita, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang yang dibangun Haji Endang. 

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Kondisi tinggi muka air (TMA) Sungai Citarum di wilayah Kabupaten Karawang sudah memasuki siaga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta warga sekitar Sungai Citarum untuk waspada dan jangan lengah, Selasa (29/11/2022).

Dari pantauan  Automatic Water Level Recorder (AWLR) Kedung Gede, Kelurahan Tanjungpura, Kabupaten Karawang, pada Pukul09. 00 WIB TMA Sungai Citarum masih diangka 11,06 meter di atas permukaan laut. Dengan debit 728,6 meter per detik.

Kondisi TMA Sungai Citarum sudah masuk siaga, sejak Pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Bojong Asih Bandung Kembali Banjir, Bukan Luapan Sungai Citarum,Warga Berharap Folder Air Diperbesar

"Kami imbau kepada warga sekitar Sungai Citarum untuk waspada. Karena saat ini kondisi luapan Sungai Citarum sudah memasuki siaga, " kata Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin.

Yasin mengatakan, BPBD Karawang saat ini terus memantau TMA Sungai Citarum. "Kita berharap, kondisi TMA tidak terus naik. Mudah-mudahan cepat turun, " katanya.

Baca juga: Kurir Sabu Ditangkap Warga Karawang Saat Mencungkil Tanah Ketika Mencari Barang Haram

Kesiagaan bencana banjir juga dilakukan oleh Warga Karaba Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, mereka ikut memantau TMA Sungai Citarum.

"Biasanya kalau mendekati TMA 12, sudah ada beberapa rumah yang terendam banjir. Kami masih terus memantau kondisinya saat ini, " kata Yazid warga Karaba.

Baca juga: Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat Tandatangani Komitmen Pengelolaan Sampah Sungai Citarum

Yazid mengakui, wilayah Karaba akan menjadi titik pertama banjir ketika luapan awal Sungai Citarum mendekati TMA 12.

"Kalau ke rumah saya itu TMA 12,35. Tetapi beberapa rumah ada yang sebelum TMA 12," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved