Cara Mengelola Keuangan Bisnis agar Tak Rugi, Ketahui 5 Fungsi Manajemen Keuangan, Atur Perencanaan

Dengan mengetahui fungsi manajemen keuangan, kamu akan tahu cara mengelola keuangan matang agar tidak rugi, mulai perencanaan hingga pengeluaran

Editor: Hilda Rubiah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - Cara Mengelola Keuangan Bisnis agar Tak Rugi, Ketahui 5 Fungsi Manajemen Keuangan, Atur Perencanaan 

TRIBUNJABAR.ID - Sebagai pebisnis, kamu wajib memahami fungsi manajemen keuangan. Tanpa manajemen keuangan, banyak sekali bisnis yang mengalami kegagalan.  

Bagi kamu yang ingin membangun usaha, manajemen keuangan ini merupakan kemampuan yang wajib kamu kuasai. 

Jika sedikit saja kamu salah mengambil keputusan finansial, hal ini akan berpotensi membuat kamu kesulitan memenuhi kebutuhan keuangan kamu. 

Ketika kamu memahami manajemen keuangan beserta fungsinya, kamu juga bisa sekaligus mempelajari software akuntansi yang bisa membantu pengelolaan keuangan bisnis kamu agar lebih mudah dan tentunya real time.

Sebelum mencari tahu apa saja fungsi manajemen keuangan untuk kelangsungan bisnis, ada baiknya kamu tahu dulu apa manajemen keuangan itu dan tujuannya untuk apa.

Manajemen keuangan merupakan cara mengelola keuangan atau dana yang dimiliki sehingga bisa digunakan secara efektif dan efisien demi tercapainya sebuah tujuan keuangan.

Baca juga: Unpad Bersama Mitra Dunia Industri Kembangkan Platform Ruang Kerja dan Laporan Keuangan Digital

Manajemen keuangan mencakup hal-hal seperti pengelolaan  sumber dana dan bagaimana dana itu digunakan untuk usaha.

Manajemen keuangan sebenarnya tidak hanya harus dimiliki oleh para pengusaha yang memiliki bisnis saja, akan tetapi setiap individu haruslah menguasai skill ini demi kelangsungan hidup yang lebih baik.

Adapun tujuan dari manajemen keuangan pada dasarnya adalah untuk menghasilkan nilai lebih dari keuangan yang dikelola. 

Jika pada sebuah bisnis, tujuan dari manajemen keuangan ini adalah untuk memaksimalkan keuntungan dari segala keputusan finansial yang dijalankan.

Tujuan lainnya dari manajemen keuangan adalah untuk menstabilkan keuangan usaha maupun pribadi. 

Pengelolaan keuangan akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan usaha kamu, karena setiap keputusan yang diambil juga akan bergantung pada bagaimana kamu mengelola keuangan.

5 Fungsi Manajemen Keuangan untuk Kelangsungan Bisnis Kamu

Perusahaan-perusahaan yang sudah sukses biasanya memiliki departemen keuangan sendiri. Bagian ini diisi oleh orang-orang yang ahli di bidang keuangan yang ditugaskan untuk mengelola keuangan perusahaan tersebut secara profesional.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved