Pemilu 2024

KPU Bandung Barat Rancang Perubahan Dapil dan Kursi di DPRD, Masyarakat Diminta Memberikan Masukan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah merancang pemetaan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah merancang pemetaan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD KBB untuk Pemilu tahun 2024. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah merancang pemetaan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD KBB untuk Pemilu tahun 2024.

Dalam merancang dan pemetaan dapil dan alokasi kursi DPRD tersebut, KPU KBB meminta masyarakat aktif berpartisipasi memberikan masukan dan pandangannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), KBB, Adie Saputro mengatakan, rancangan penataan dapil dan alokasi kursi ini dilaksanakan sejak 23 November sampai 6 Desember 2022.

Selanjutnya tanggapan dan masukan masyarakat harus dibuat secara tertulis sesuai dengan format yang ada.

"Penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD KBB ini apakah harus ada pergeseran dan dapil, termasuk alokasi kursi di setiap dapilnya," ujarnya saat dihubungi, Jumat (25/11/2022).

 

Ia mengatakan, dalam rancangan penataan dapil dan alokasi kursi ini masyarakat dapat berpartisipasi untuk memberikan tanggapan dan masukan dengan beragam cara.

Format pengisian masukan dan tanggapan itu, kata dia, bisa didapatkan secara langsung di kantor KPU KBB dan formulirnya bisa diunduh melalui helpdesk.kpu.go.id/tanggapan karena hal tersebut harus dilakukan secara resmi.

"Masyarakat yang memberikan tanggapan harus melampirkan surat pengantar resmi dari lembaga, badan, organisasi masyarakat, dan partai politik. Serta memberikan identitas diri, berupa fotokopi KTP," kata Adi.

Komisioner KPU KBB, Rifqi Ahmad Sulaiman menambahkan, untuk penyampaian dokumen masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan dengan cara diantar langsung ke Kantor KPU KBB.

Selain itu bisa juga melalui surat elektronik dengan alamat heldesk.kpukbb@gmail.com dan WhatsApp Center KPU KBB di nomor 081313080890.

"Tanggapan dan masukan ini sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan, makanya kami berharap masyarakat bisa proaktif," ujar Rifqi. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar.id terbaru lainnya di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved