Sandiaga Uno Segera Lakukan Pemulihan Destinasi Wisata di Cianjur yang Terdampak Gempa Bumi

Apalagi, kata Sandiaga, Cianjur ini wilayah yang mempunyai peluang dan potensi wisata luar biasa dari Cipanas sampai Cugunang dan Cianjur Kota

Tribun Jabar/Nandri Prilatama
Menparekraf Sandiaga Uno dalam topping off ceremony Politeknik Pariwisata NHI Bandung, di Dayeuhkolt, Kabupaten Bandung, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan duka mendalam atas bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

Gempa Cianjur ini pun merusak ribuan bangunan hingga objek wisata di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Sandiaga Uno menyampaikan Jawa Barat sebelum pandemi bisa menarik 100 juta pergerakan wisatawan.

Dia pun menyebut pihaknya langsung bergerak membuat posko di wilayah Cianjur untuk membantu warga terdampak, sekaligus melakukan transisi pemulihan terutama terhadap destinasi wisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraft Sandiaga Uno buka NTSC 2021
Menparekraft Sandiaga Uno  (dok NTSC 2021)

"Yang selama ini dikembangkan pariwisata berbasis masyarakat telah dimanifestasikan dengan konsep desa wisata, ternyata sangat memiliki nilai keunggulan dalam menghadapi ancaman bencana, seperti yang ada di desa wisata Situs Gunung Padang. Itu kurang dari lima persen yang terdampak gempa Cianjur," katanya di Dayeuhkolot di sela-sela topping off ceremony Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, gencarnya sosialisasi terkait CHSE agar destinasi wisata atau ekonomi kreatif memiliki sertifikasi melalui pelatihan dan pendampingan membuat destinasi wisata telah siap siaga ketika ada bencana.

Baca juga: BREAKING NEWS Jumlah Korban Meninggal Gempa Cianjur Kamis 272 Orang, BNPB Temukan Jenazah Nining

Apalagi, kata Sandiaga, Cianjur ini wilayah yang mempunyai peluang dan potensi wisata luar biasa dari Cipanas sampai Cugunang dan Cianjur Kota.

"Alhamdulillah tak terlalu terdampak (destinasi wisata) karena kesiapsiagaan. Kami juga akan terus membantu persiapan, seperti infrastruktur pascagempa segera dibangun dan intinya masyarakat harus terbantu," katanya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved