Kereta Cepat Jakarta Bandung

Desain Bernuansa Indonesia, Bagian Kepala KCJB Terinspirasi dari Komodo, Batik Megamendung di Kursi

Desain kepala KCJB terinspirasi dari kepala komodo, dan lapisan kursi penumpang menggunakan motif batik mega mendung khas Jawa Barat

TRIBUNJABAR.ID/DENI DENASWARA
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) uji dinamis saat meninggalkan Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Rabu (16/11/2022). Uji dinamis ini disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping secara virtual karena keduanya tengah mengikuti acara G20 di Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Rabu (16/11/2022), di Stasiun Tegalluar, merupakan bagian dari persiapan menjelang pengoperasian KCJB pada pertengahan 2023.

Uji coba tersebut menggunakan kereta api inspeksi yang disaksikan secara daring oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping, yang tengah mengikuti acara G20 di Bali.

Menurut Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, kereta penumpang KCJB nyaman, modern, lebih luas, dan ramah difabel ini sarat unsur keindonesiaan.

"Desain kepala kereta terinspirasi dari kepala komodo, dan lapisan kursi penumpang menggunakan motif Batik Mega Mndung khas Jawa Barat," kata Dwiyana, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Uji Coba Dinamis KCJB Disaksikan Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping, Ridwan Kamil Sampaikan Ini

KCJB mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 420 kilometer per jam, namun kecepatan operasional di 350 kilometer per jam.

"Kapasitas penumpang dalam sekali perjalanan mencapai lebih dari 600 penumpang, yang terdiri dari kelas VIP, first class, dan second class," katanya.

Proyek KCJB, kata dia, berhasil merampungkan sejumlah pencapaian sejak pembangunan berskala penuh dimulai pada Juni 2018. Seluruh konstruksi layang, jembatan dan terowongan telah selesai.

Di sisi lain, menurutnya, pemasangan rel di jalur utama dari arah Bandung menuju Jakarta masih berlangsung, dan berbagai persiapan jelang operasional pun berjalan tanpa hambatan.

Baca juga: Warga Rela Menunggu Berjam-jam di Jembatan untuk Melihat KCJB Melintas dari Stasiun Tegalluar

“Berkat dukungan semua pihak, para kontraktor, pemerintah pusat, daerah, investor, dan tentunya masyarakat Indonesia, KCJB sudah mencapai berbagai milestone penting," ucapnya. (*)

Silakan baca berita-berita Tribunjabar.id terbaru lainnya di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved