Nikita Mirzani Dijerat Pasal Berlapis Setelah Bikin Kekasih Nindy Ayunda Alami Kerugian Rp 17,5 Juta

Aksi dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Nikita Mirzani kepada Dito Mahendra menyebabkan pacar Nindy Ayunda itu rugi materi Rp 17,5 juta.

Editor: Giri
KOMPAS.COM/RASYID RIDHO
Nikita Mirzani saat menjalani persidangan di PN Serang, Banten, Senin (14/11/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, SERANG - Aksi dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Nikita Mirzani kepada Dito Mahendra menyebabkan pacar Nindy Ayunda itu rugi materi sebesar Rp 17,5 juta.

Mengenai kerugian itu diungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Serang, Slamet, dalam persidangan perdana yang berlangsung Senin (14/11/2022).

Slamet saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Serang, kerugian yang dialami Dito Mahendra itu datang karena gagal menjual sepatu merek Hermes kepada rekan bisnisnya, Melisa.

"Bahwa akibat perbuatan terdakwa tersebut maka saksi Mahendra Dito mengalami kerugian materil sebesar Rp 17,5 juta," ujar Slamet di hadapan terdakwa Nikita dan majelis hakim Dedy Adi Saputra. Senin.

Slamet memaparkan, pada Minggu (8/5/2022) pukul 20.00 WIB saksi Melisa bertemu Dito Mahendra dan Haerul Yusi.

Melisa yang merupakan rekan bisnis Dito bertemu keduanya dengan niat untuk mencari sepatu.

Baca juga: Babak Baru Kasus Nikita Mirzani, Jalani Sidang Perdana pada Pagi Ini, Minta Dito Mahendra Dihadirkan

Kemudian, saksi Mahendra Dito menawarkan sepatu merek Hermes miliknya dengan harga Rp 17,5 juta kepada saksi Melisa sehingga saksi Melisa tertarik.

Tindak lanjut bisnis itu, pada Jumat (13/5/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat itu, rekan Dito, Haerul Yusi mendatangi apartemen Melisa di Jakarta Barat untuk mengambil uang DP pembelian sepatu Hermes sebesar Rp 5 juta.

Tiga hari kemudian, tepatnya Rabu (18/5/2022) pukul 15.59 WIB, Melisa yang menjadi follower akun Instagram terdakwa Nikita Mirzani bernama @nikitamirzanimawardi_172 melihat gambar postingan foto Mahendra Dito yang telah diedit dan diunggah di InstaStory.

"Melisa kemudian menghubungi Haerul Yusi untuk membatalkan pembelian sepatu Hermes milik Mahendra Dito dan meminta pengembalian uang DP yang telah dibayarkan melalui Haerul Yusi sebesar Rp 5 juta," ujar Slamet.

Baca juga: Dilarikan ke Rumah Sakit saat Ditahan, Nikita Mirzani Rasakan Hal Ganjil Saat Dirawat, Dijaga Ketat?

Dalam kasus ini, Nikita Mirzani dijerat Pasal 36 Jo. Pasal 27 ayat (3) Jo.Pasal 51 ayat (2) UU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik.

Dakwaan kedua, perbuatan terdakwa diatur dan diancam Pasal 27 ayat (3) Jo. Pasal 45 ayat (3) UU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik.

Dakwaan ketiga, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 311 KUHP. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gagal Jual sepatu Hermes, Dito Mahendra Dirugikan Rp 17,5 Juta Akibat InstaStory Nikita Mirzani"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved