Cheka: Salah Satu Tugas Saya Adalah Memperlancar Pemilu dan Pilkada 2024

Cheka Virgowansyah menggantikan Muhammad Yusuf, Wali Kota Tasikmalaya sisa masa jabatan 2017-2022

Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
Cheka Virgowansyah, seusai dilantik menjadi Pejabat Wali Kota Tasikmalaya, di Gedung Sate, Senin (14/11/2022) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, menyatakan siap melaksanakan tugasnya memimpin Kota Tasikmalaya, dari mulai menangani dampak Covid-19 sampai memperlancar tahapan-tahapan Pemilu 2024.

Cheka Virgowansyah yang merupakan Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri ini menyatakan akan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai keinginan pemerintah dan masyarakat.

"Saya seorang ASN, saya bertugas sesuai dengan surat tugas yang diberikan Pak Wagub, salah satu tugas saya memperlancar Pemilu dan Pilkada 2024. Tapi proses itu kan masih panjang, jadi upaya saya untuk memperlancar," kata Cheka Virgowansyah seusai pelantikannya, Senin (14/11).

Qagub Jabar lantik Bupati Tasikmalaya
Qagub Jabar lantik Bupati Tasikmalaya (istimewa)

Ia mengatakan pada tahap awal, ia akan mendengar permasalahan yang muncul di masyarakat dan mempelajari bersma OPD Kota Tasikmalayadan pejabat terkait.

"Saya mohon ampun kepada Allah, saya minta pertolongan dan minta rida dari orang tua, dan minta rida melaksanakan tugas ini, dan ini yang saya fikirkan dari sekarang," katanya.

Baca juga: Dananya Sudah Ada, Wali Kota Tasikmalaya Janji THR Segera Cair, Diharap Tidak Boros saat Sudah Turun

Ia berharap kepemimpinannya memberi manfaat untuk Kota Tasikmalaya dan Jabar. Sebab tugas utamanya, di antaranya bersama pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota lainnya, bersama masyarakat menjaga ketertiban.

"Kemudian menjadi satgas Covid-19 dan memperlancar proses pemilu dan Pilkada 2024," katanya.

Baca juga: Berempati Kepada Tenaga Honorer Tua, Wali Kota Tasikmalaya Usulkan Mereka Diangkat Jadi Tenaga Ini

Sebelumnya, Cheka Virgowansyah resmi dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya oleh Wakil Gubenur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Senin (14/11). Cheka menggantikan Muhammad Yusuf, Wali Kota Tasikmalaya sisa masa jabatan 2017-2022.

Cheka Virgowansyah merupakan Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri. Kini, Cheka Virgowansyah juga ditugaskan menjadi Wali Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Tiga Nama Diusulkan Jadi PJ Wali Kota Tasikmalaya, Salah Satunya Sekda Kota Tasik Ivan Dicksan

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum berharap Cheka Virgowansyah  mampu melanjutkan estafet kepemimpinan di Kota Tasikmalaya dan memperbanyak upaya inovasi dan kolaborasi demi kemajuan Kota Tasikmalaya. Uu pun mengucapkan terima kasih atas pengabdian para wali kota sebelumnya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami ucapkan selamat datang dan selamat kepada Pj Wali Kota Tasikmalaya, Pak Cheka, yang dilantik hari ini dengan harapan mampu membawa Tasikmalaya dengan lebih baik lagi," kata Uu.

Baca juga: Wagub Jabar Yakin Cheka Mampu Secara Profesional Memimpin Kota Tasikmalaya

Uu juga menyampaikan, salah satu tugas Cheka Virgowansyah adalah mempersiapkan pemilu legislatif dan juga pemilihan eksekutif. Maka pihaknya berharap Cheka Virgowansyah  mampu melaksanakan tahapan-tahapan yang sudah disepakati bersama dan sudah diputuskan oleh KPU.

"Karena pejabat ini adalah bukan dari politik, berarti unsur netralitasnya kami yakin akan terjaga," katanya. (*)

Silakan baca berita-berita Tribunjabar.id lainnya di Google News

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved