Pohon Angsana Tumbang Melintang di Jalan Nasional Kuningan-Cirebon, Arus Kendaraan Sempat Lumpuh

Sebatang pohon tumbang di jalan nasional yang menghubungkan Kuningan-Cirebon, sekitar pukul 21. 00 WIB, Sabtu malam (12/11/2022).

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Sebatang pohon tumbang di jalan nasional yang menghubungkan Kuningan-Cirebon, sekitar pukul 21. 00 WIB, Sabtu malam (12/11/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Sebatang pohon tumbang di jalan nasional yang menghubungkan Kuningan-Cirebon, sekitar pukul 21. 00 WIB, Sabtu malam (12/11/2022).

Pohon tumbang itu melintang di jalan nasional dan membuat arus kendaraan sempat lumpuh.

Tidak hanya hanya lumpuh, arus kendaraan yang menghubungkan Kuningan-Cirebon pun sempat macet.

Mendengar informasi peristiwa pohon tumbang yang menyebabkan kendaraan roda dua dan empat tergganggu, Kapolsek Jalaksana Iptu Dani terjun dan melakukan rekayasa jalur.

Baca juga: Jasad Solihin Ditemukan Telungkup di Vila Kampung Ciputih, Desa Sangkanhurip, Kuningan

"Tidak ada korban dalam peristiwa pohon tumbang, namun arus kendaraan tergganggu dan kami melakukan rekayasa jalur," kata Dani di sela melakukan evakuasi pohon tumbang bareng warga Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana.

Tidak lama kemudian, dari kejadian dan pelaksanaan evakuasi pohon tumbang tersebut, empat petugas Pemadam Kebakaran Kuningan bergegas melakukan pembersihan pohon tumbang tersebut.

"Kami ke lokasi dalam membantu sekaligus melayani masyarakat. Apalagi sebelumnya itu ada informasi masuk ke Kantor UPT Damkar," kata petugas Damkar Kuningan, Khadafi, saat memberikan keterangan.

Khadafi menyebut pembersihan pohon tumbang itu berlangsung sekitar dua jam.

"Kegiatan pembersihan pohon tumbang, petugas di lapangan berhasil membereskan pohon tumbang itu sekitar dua jam. Pengerjaan makan waktu itu, karena jenis pohon angsana memiliki ukuran cukup besar dan panjang sekitar 15 meter," katanya.

Dengan keberhasilan dalam pembersihan pohon tumbang, akhirnya lalu lintas di jalan nasional kembali berjalan normal.

"Alhamdulillah, dari pembersihan itu, arus lalu lintas lancar kembali," katanya.

Menyinggung soal robohnya pohon tersebut, Khadafi menduga bahwa jenis pohon angsana yang memiliki ukuran cukup besar dan memiliki panjang sekitar 15 meter itu sudah tua.

"Pohon tumbang itu sudah tua dan di bagian cabang bagian bawah, terlihat lapuk dan keropos. Apalagi sebelumnya itu terjadi hujan cukup besar," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved