Baru Saja Gempa Susulan 5,3 SM Dirasakan di Seluruh Cianjur, Belum Ada Laporan Kerusakan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengatakan sejumlah wilayah merasakan getaran gempa bumi magnitudo 5.3. 

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Ravianto
Istimewa
Gempa bumi di wilayah selatan Barat Daya Kabupaten Garut mengejutkan warga Tasikmalaya pada Sabtu (12/11/2022) pukul 19.29 WIB. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengatakan sejumlah wilayah merasakan getaran gempa bumi 5,3 Skala Magnitudo. 

Berdasarkan informasi yang didapat gempa bumi terjadi sekitar pukul 20.18 WIB, Sabtu (12/11/2022). 

Gempa bumi magnitudo 5.3 tersebut berada di titik kordinat 8.18 LS, - 107.36 BT atai berada di 122 kilometer Barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 kilometer. 

Sekertaris BPBD Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, sejumlah wilayah merasakan getaran gempa bumi magnitudo 5.3 tersebut. 

"Wilayah yang merasakan gempat bumi yaitu, Kecamatan Leles, Pagelaran, Cianjur, Karangtengah, hampit semua kecamatan di Cianjur merasakan getaranya," kata dia saat dihubungi. 

Hingga saat ini, kata dia, pihaknya belum menerima laporan adanya dampak gempa bumi tersebut. Namun telah merintahkan petugas untuk mengecek dan turun ke lapangan. 

"Kita siagakan petugas, dan Pusdalops berjaga selama 24 jam untuk memonitor adanya laporan terdampak gempa bumi atau becana lainya," ucapnya. 

Gempa di Garut

Sekitar 45 menit sebelumnya, gempa juga mengguncang wilayah Garut dan Tasikmalaya.

Gempa bumi di wilayah selatan Barat Daya Kabupaten Garut mengejutkan warga Tasikmalaya pada Sabtu (12/11/2022) pukul 19.29 WIB.

Gempa bumi Kabupaten Garut yang berkekuatan 4.9 Magnitudo ini tidak hanya dirasakan di Kabupaten Tasikmalaya, melainkan juga di wilayah Sukabumi, Cianjur, serta Kabupaten Bandung.

Hal ini seperti yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada situs resminya tak lama setelah gempa bumi terjadi.

Diketahui, gempa bumi tersebut terjadi di kedalaman 16 kilometer.

Gempa susulan juga dirasakan di Tasikmalaya pada pukul 20.19 WIB dengan durasi sekira 6-7 detik.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui sumber gempa susulan tersebut, mengingat BMKG belum memberikan keterangan resmi. (Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi. 

Berita Tribunjabar.id lainnya di Google News

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved