Edelweiss Hospital Jadi RS Pertama Hadirkan Fasilitas Pengisian Kendaraan Listrik, Ada Tiga Charger

Edelweiss Hospital, salah satu rumah sakit di Kota Bandung mulai mengikuti arahan pemerintah soal penggunaan kendaraan listrik berkonsep green hospita

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Edelweiss Hospital menjadi rumah sakit pertama yang menerapkan kendaraan ramah lingkungan dan penyediaan fasilitas pengisian listrik yang diresmikan, Kamis (10/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Edelweiss Hospital, salah satu rumah sakit di Kota Bandung yang mulai mengikuti arahan pemerintah terkait penggunaan kendaraan listrik dengan menerapkan konsep green hospital dan smart hospital.

Hari Kamis (10/11/2022) ini, Edelweiss Hospital telah resmi menyediakan fasilitas Electric Vehicle Charging Station di area basement rumah sakit.

Chief Business Development Edelweiss Hospital, Virta Dimas Catur Diputra menyampaikan bahwa ada dua hal yang ingin dia kedepankan dalam memberikan pelayanan kepada customer atau keluarga pasien, yakni smart hospital dan ramah lingkungan go green.

"Kami sudah lakukan beberapa langkah untuk mencapai tersebut setelah kami juga mendapat penghargaan dari Pemprov Jabar terkait predikat program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup) 2020 – 2021 dengan peringkat biru. Dan, tahun ini kami dapat bocoran bakal kembali masuk lantaran pengelolaan limbah," katanya di lokasi, Kamis (10/11/2022) di Jalan Soekarno Hatta.

Masuknya era teknologi yang semakin berkembang, Virta mengaku penggunaan kendaraan listrik memang sangatlah dibutuhkan guna mengurangi gas karbon CO⊃2;, sehingga Edelweiss ingin ikut berkontribusi utamanya di momen hari pahlawan ini.

"Kami ingin berikan kontribusi walau kecil namun semoga dapat membawa efek atau aura semangat untuk rumah sakit atau industri lainnya dalam mengembangkan teknologi listrik," ujarnya.

Saat ini, sudah ada tiga mobil listrik yang disediakan Edelweiss Hospital untuk kebutuhan mobilitas dan operasional. Tak hanya itu, Virta pun menyebut pihaknya menghadirkan teknologi ini untuk para pasien maupun keluarga pasien yang juga pengguna mobil listrik sehingga bisa memudahkan mereka dalam pengisian baterai mobil.

Dalam penyediaan fasilitas kendaraan listrik dan fasilitas pengisiannya, Edelweiss bekerjasama dengan Wuling EV. Rencananya, Edelweiss Hospital ini bakal menambah dan menyediakan di Edelweis Hoapital Cianjur.

"Kami siapkan tiga charger yang kapasitasnya disesuaikan dengan mobil listriknya. Kami juga menggiring mobil listrik kepada para SDM walau sebagian direksi masih menggunakan yang hybrid," katanya.

Brands Manager Wuling Area Bandung, Reza Ramadan mengatakan mendukung adanya program pemerintah sekaligus berkomitmen dalam kendaraan ramah lingkungan. Apalagi dengan pencanangan pemerintah ke depan yang 50 persen kendaraan harus kendaraan listrik.

"Kami mendukung semua instansi, BUMN, RS, dan lainnya pemilik usaha untuk kendaraan listrik agar efisiensi dan hemat. Kami miliki dua tipe, yakni tipe 300 kilometer dan 200 kilometer. Kedua tipe ini untuk dalam dan luar kota. Harganya yang 300 kilometer Rp 300 juta dan 200 kilometer Rp 242 juta OTR Jabar," katanya.

Mobil listrik yang diberikan kepada Edelweiss Hospital ialah yang tipe 300 kilometer dengan waktu pengisian tujuh jam dari 0 sampai maksimal (full).

"Alhamdulillah kami juga sudah lakukan sosialisasi di semua titik yang ada di Jabar bersama PLN yang menargetkan 104 titik sampai Desember 2022, nah kalau untuk Bandung sudah ada 26 stasiun pengisian SPKLU PLN," ucapnya.

Saat ini juga, lanjutnya, Wuling akan bekerjasama dengan PLN dalam menyiapkan pilar charging untuk setiap pengguna kendaraan listrik.

"Untuk pengisian di Edelweiss itu gratis, tapi kalau di SPKLU PLN 1 kWh Rp 2500, sedangkan kalau sampai penuh itu 26 kWh Rp 44 ribu jadi sangat hemat sekali," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved