37 Orang Jalani Operasi Katarak Gratis di RS Linggarjati

berdasar keterangan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), diperkirakan satu per seribu penduduk Indonesia menderita kebutaan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Bupati Kuningan H Acep Purnama meninjau persiapan pelaksanaan operasi katarak di RS Linggarjati, Kuningan, Rabu (9/11/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Manajemen Rumah Sakit Linggarjati melaksanakan bakti sosial operasi katarak sebagai rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupaten Kuningan,

Ada 37 pasien yang mengikuti operasi katarak ini dari total 120 pasien yang lolos screening.

“Mereka yang gagal mengikuti operasi itu akibat tensi darah tinggi, gula darah tinggi, dan banyak yang tidak datang," ujar Kasi Humas RS Linggarjati, Keris Ferdiansyah, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara RSUD Linggarjati dengan RS Cicendo Bandung serta Fakultas kedokteran Unpad Bandung.

Bupati Kuningan H Acep Purnama meninjau persiapan pelaksanaan operasi katarak di RS Linggarjati, Kuningan, Rabu (9/11/2022).
Bupati Kuningan H Acep Purnama meninjau persiapan pelaksanaan operasi katarak di RS Linggarjati, Kuningan, Rabu (9/11/2022). (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, menyampaikan, apresiasi kepada RSUD Linggarjati Kuningan yang telah bekerja sama dengan RS Cicendo Bandung dan Fakultas Kedokteran Unpad, yang telah meringankan beban masyarakat mengenai kesehatan terutama pada sektor penglihatan.

Menurut Bupati, hingga 2020 sekitar 35 juta orang di Indonesia mengalami gangguan penglihatan. "Dari jumlah tersebut atau sekitar 3,7 juta orang menderita kebutaan, termasuk akibat kelainan kornea. Data WHO menyebut kelainan kornea sebagai penyebab kebutaan terbesar ke-4 di dunia setelah katarak, glaukoma, dan degenerasi makula," katanya.

Baca juga: Cegah Kebutaan, 188 Warga Jalani Operasi Katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung

Bupati menyebut, berdasar keterangan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), diperkirakan satu per seribu penduduk Indonesia menderita kebutaan akibat kelainan kornea.

"Melihat fenomena ini saya berharap kita semua dapat menyelesaikan berbagai masalah penglihatan kerena kelainan kornea. Kemudian, semoga program operasi katarak ini dapat digaungkan secara meluas ke daerah-daerah sehingga menggugah berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta untuk melakukan CSR dan memberikan donasinya pada gerakan mulia ini,” ujarnya

Baca juga: Cerita Perjuangan Enjang untuk Sembuh dari Penyakit Katarak di Hari Bakti Adhyaksa yang ke-62

Di tempat sama ketua HKN RSUD Linggarjati dr. Toni Kurniawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang mempunyai keluhan lensa mata.

"Sasaran kegiatan ini bukan hanya warga Kuningan, tetapi seluruh masyarakat di luar kota pun bisa mengikuti program ini tanpa syarat apapun," katanya. (*)

Silakan baca berita-berita terbaru Tribunjabar.id lainnya di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved