Banjir di Cianjur

Banjir di Cianjur, Satu Rumah Terbawa Hanyut, Puluhan Lainnya Terdampak Banjir

Puluhan rumah warga di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, terdampak dan satu lainya terbawa hanyut arus banjir.

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Seli Andina Miranti
istimewa / dokumentasi warga
Luapan Sungai Cidamar yang merendam rumah warga. 

Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Puluhan rumah warga di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, terdampak dan satu lainya terbawa hanyut arus banjir.

Plt Camat Cidaun Sofyan Sauri menjelaskan, berdasarkan data sementara hingga saat ini tercatat ada sebanyak 20 rumah warga yang terdampak akibat banjir luapan Sungai Cidamar.

"Selain rumah yang terendam, kita juga menerima laporan adanya satu rumah yang terbawa hanyut banjir luapan Sungai Cidamar," katanya saat dihubungi melalui sambungan telpon seluler, Minggu (6/11/2022).

Baca juga: Dua Kecamatan di Cianjur Terendam Banjir, Sejumlaj Warga Terpaksa Mengungsi di Aula Desa

Saat ini, kata dia, puluhan jiwa yang terdampak banjir sudah dievakuasi dan diungsikan ke Aula desa, dan Kantor Kecamatan. Hingga sementara ini korban luka dan jiwa tidak ada.

"Kita sudah mendirikan posko dan dapur darurat di Kantor desa. Saat ini sejumlah petugas gabungan dari BPBD, TNI/Polri masih melakukan penanganan akibat dampak banjir semalam," ucapnya.

Ia mengungkapkan, banjir tersebut terjadi akibat tanggul jebol setelah aliran Sungai Cidamar melaup usai diguyur hujan deras dari sore hingga malam.

"Semalam ketinggian air terus naik hampir setinggi pinggang orang dewasa, karena hujan semakin deras. Namun setelah hujan reda banjir sudah pun berangsur surut," katanya.

Sementara itu, Sekertaris BPDB Kabupaten Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, hingga saat ini masih melalukan upaya penanganan dan pendataan akibat dampak banjir.

Baca juga: Sungai Cidamar Meluap, Akses Jalan Penghubung Cianjur - Garut Terputus akibat Terendam Banjir

"Di lokasi hujan masih terjadi, sehingga banjir susulan pun masih berpontesi, karena itu sejumlah warga yang memang berdekatan dengan sungai diungsikan," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved