Update Masjid Uswatun Hasanah di Pangandaran yang Ambruk Akibat Gempa, Dapat Bantuan dari Sosok Ini

Masjid Uswatun Hasanah senilai Rp 1 miliar yang ambruk di Pangandaran akibat gempa, kini mulai mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Penulis: Padna | Editor: Darajat Arianto
Dok Andi Suwandi Kades Pamotan
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan istri, Ida Nurlela memberikan bantuan ke lokasi Masjid Uswatun Hasanah yang ambruk di Kampung Cimandala RT 01/03 Dusun/Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (5/11/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Bangunan masjid senilai Rp 1 miliar yang ambruk di Pangandaran, kini mulai mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Bangunan mesjid bernama masjid Uswatun Hasanah ini berada di Kampung Cimandala RT 01/03 Dusun/Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Sebelum ambruk, bangunan masjid Uswatun Hasanah ini sudah berumur 14 tahun dan memiliki ukuran sekitar panjang 20 meter dan lembar 20 meter.

Ambruknya masjid itu terjadi pada Minggu (9/10/2022) malam saat hujan deras dan sebelumnya di siang hari diguncang gempa bumi 4,7 Magnitude yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa tengah.

Akibat ambruk, puing-puing masjid dan retakan bangunan tersebut harus dibongkar dengan menggunakan alat berat excavator.

Baca juga: DETIK-detik Masjid di Pangandaran Ambruk Setelah Gempa Cilacap, Saksi Lihat Kubah Jatuh

Sudah hampir 1 bulan, kini pengurus masjid mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp 250 juta yang diberikan Pemerintah Daerah melalui Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Kondisi Masjid Uswatun Hasanah di Kampung Cimandala Dusun/Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran yang ambruk, Minggu (9/10/2022) malam. Foto diambil Senin (10/10/2022) pagi.
Kondisi Masjid Uswatun Hasanah di Kampung Cimandala Dusun/Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran yang ambruk, Minggu (9/10/2022) malam. Foto diambil Senin (10/10/2022) pagi. (Caption Dok Padna Tribun Jabar)

Selain itu, Bupati Jeje Wiradinata memberikan bantuan barang material berupa semen sampai pembangunan masjid Uswatun Hasanah selesai.

Kepala Desa Pamotan, Andi Suwandi merasa bersyukur karena Mesjid Uswatun Hasanah yang ambruk kini dapat bantuan yang diberikan oleh Bupati Pangandaran.

"Bantuan uangnya Rp 250 juta, kalau semen secukupnya," ujar Andi kepada Tribunjabar.id melalui WhatsApp, Sabtu (5/11/2022) sore.

Ia mengucapkan terimakasih untuk Pemda Kabupaten Pangandaran khususnya Bupati Jeje yang membantu dana pembangunan mesjid.

"Selain uang Rp 250 juta, sekarang pak Bupati juga memberikan semen sebanyak 200 sak dari pribadinya bupati," katanya.

Baca juga: Nasib Penyelenggara Fashion Show di Masjid Agung Ciamis, Penyelenggara Harus Ikuti Hukuman Ini

"Ya, mudah mudahan pembangunan mesjid cepet selesai sehingga dapat secepatnya dimanfaatkan untuk tempat ibadah kembali oleh jemaah di DKM Uswatun Hasanah," ucap Andi. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved