Setelah 15 Tahun, Bandung Barat Akan Punya Alun-alun Senilai Rp 12 Miliar, di Plasa Bung Karno

Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memiliki alun-alun yang rencananya akan dibangun dengan anggaran dari Pemprov Jabar sebesar Rp 12 miliar.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Foto ilustrasi kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Setelah 15 tahun berdiri, akhirnya Kabupaten Bandung Barat bakal memiliki alun-alun yang rencananya akan dibangun dengan anggaran dari Pemprov Jabar sebesar Rp 12 miliar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Setelah 15 tahun berdiri, akhirnya Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memiliki alun-alun yang rencananya akan dibangun dengan anggaran dari Pemprov Jabar sebesar Rp 12 miliar.

Alun-alun Bandung Barat tersebut akan dibangun di Plasa Bung Karno yang berada di kawasan Kompleks Perkantoran Pemda KBB, tepatnya di Jalan Mekarsari, Kecamatan Ngamprah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda KBB, Maman Sulaeman, mengatakan, proses pembangunan Alun-alun Bandung Barat itu saat ini sudah masuk ke tahap tender detail engineering design (DED).

"Nantinya proyek pembangunan Alun-alun Bandung Barat seluruhnya didanai oleh provinsi mulai dari DED sampai pengerjaan fisik," ujar Maman di kantornya, Jumat (4/11/2022).

Baca juga: 78 Km Jalan di Bandung Barat Rusak Berat Tak Kunjung Diperbaiki, Ini Ruas-ruas Jalannya

Maman mengatakan, Pemda KBB tidak terlibat dalam segala prosesnya karena semua dilakukan oleh pihak Pemprov Jabar sehingga Pemda KBB hanya sebagai penerima manfaatnya.

"Total anggaran untuk pembangunan Alun-alun Bandung Barat mencapai Rp 12 miliar. Jika tidak ada kendala, pengerjaannya dilakukan tahun depan," katanya.

Alun-alun Bandung Barat itu, kata Maman, nantinya akan memiliki luas lahan sekitar 2,5 hektare yang akan difungsikan sebagai sarana publik, tempat bermain, ruang terbuka hijau, dan tentunya sarana berinteraksi bagi masyarakat.

"Jadi masyarakat KBB bisa menjadikan sebagai tempat bermain karena lahan Alun-alun Bandung Barat itu jadi area publik yang refresentatif," ucap Maman.

Baca juga: 43 Ribu Set Top Box Sudah Dibagikan Gratis ke Warga Bandung Barat Setelah TV Analog Dimatikan

Sebetulnya, kata Maman, rencana pembangunan ruang publik di lokasi tersebut pernah digagas pada masa kepemimpinan Bupati Abubakar pada tahun 2018, tetapi saat itu bukan alun-alun.

Maman mengatakan, saat itu dicetuskan lahan yang kini dijadikan alun-alun tersebut akan dibangun Plasa Bung Karno yang dilengkapi dengan patung Bung Karno karya seniman patung ternama Nyoman Nuarta.

"Tapi sekarang konsep pembangunan Alun-alun Bandung Barat berbeda dengan Plasa Bung Karno."

"Makanya konsep pembangunannya berpatokan pada DED baru dan tidak akan ada patung Bung Karno," kata Maman. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved