Polisi Bakal Bubarkan Acara Konser Musik Jika Melanggar Hal Ini

"Di dalam rencana kegiatan mereka harus diselaraskan dengan batasan yang mereka janjikan tersebut, itu yang harus mereka patuhi"

Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Izin keramaian acara konser musik atau event yang mengundang banyak masa, harus memenuhi sejumlah syarat. 

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (31/10/2022).

"Di dalam pemberian izin itu, memang kita akan melakukan asesmen terkait beberapa langkah teknis yang harus disepakati oleh pihak penyelenggara," ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Baca juga: Nonton Konser Musik Digicash PlayList Live Festival 2.0 Semakin Seru, Banyak Promo DIGI dan DigiCash

Menurutnya, jika ada syarat yang tidak terpenuhi atau dilanggar pada saat acara berlangsung, maka Polisi bakal mencabut izin keramaiannya saat itu juga.

"Di dalam rencana kegiatan mereka harus diselaraskan dengan batasan yang mereka janjikan tersebut, itu yang harus mereka patuhi, kalau misalnya mereka nggak mematuhi itu, harus dibubarkan saat itu juga," katanya.

Salah satu syarat yang wajib ditaati adalah terkait kapasitas atau saya tampung dari tempat gelaran acara tersebut. 

Baca juga: Dukung Ratusan UMKM Lokal, bjb Gelar DigiCash KickFest Secara Daring

"Jadi itu salah satu daya tampung yang harus dipatuhi, daya tampung itu harus diperhitungkan, apalagi sekarang itu kan masih pandemi," katanya.

Ada pun terkait pengamanannya, biasanya dilakukan oleh wilayah atau Polres masing-masing yang mengeluarkan izin keramaiannya. 

"Jadi, penyelenggaraan itu di satuan wilayah masing-masing. Tapi pertimbangannya akan sama dengan akan dilakukan asesment," ucapnya. 

Baca juga: Biduan Berdendang, Warga Bergoyang, Tiba-tiba Polisi Datang, Dangdutan di Pernikahan Lalu Bubar

Di Kota Bandung, event konser musik sudah mulai banyak digelar. Terdekat, bakal ada konser Kickfest 2022 yang akan digelar pada 4-6 November 2022 di Lapangan Pussenif TNI AD, PPI Kota Bandung. 

Konser tersebut bakal menghadirkan penyanyi top ibu kota seperti Raisa, Burger Kill, JKT 48, Fourtwnty, Yura Yunita dan lainnya. 

Sementara itu, terkait bagaimana izin serta pola pengamanan dari acara konser musik tersebut, pihak Polrestabes Bandung belum memberikan keterangan. 

Baca juga: Mau Nonton Kickfest XIV Bandung? Simak Cara Tukarkan Tiket E-Voucher Disini

Tribun sudah mencoba menghubungi Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung melalui pesan WhatsApp sambungan telepon, namun tidak direspons. 

Pun demikian saat menghubungi Kasi Humas Polrestabes Bandung, AKP Rose. Ia mengaku masih menunggu konfirmasi.

"Untuk pertanyaannya akan saya konfirmasi ke dalam dulu ya," ujar Rose melalui pesan WhatsApp. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved