AIPI-Maranatha Angkat Isu Kesiapan Indonesia Hadapi Transformasi Teknologi

Perkembangan zaman yang dewasa ini disertai dengan transformasi teknologi yang begitu pesat telah membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Apak

Istimewa
Seminar Nasional AIPI-Maranatha bertemakan “Tantangan dan Kesiapan Masyarakat Indonesia Menghadapi Transformasi Teknologi” akan diadakan secara hybrid pada Kamis, 3 November 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, Perkembangan zaman yang dewasa ini disertai dengan transformasi teknologi yang begitu pesat telah membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Apakah masyarakat Indonesia siap menghadapi transformasi teknologi? Tantangan apa yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia?

Topik-topik ini diangkat oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) bersama Universitas Kristen Maranatha dalam seminar nasional (semnas) yang akan diadakan secara hybrid pada Kamis, 3 November 2022.

Seminar Nasional AIPI-Maranatha bertemakan “Tantangan dan Kesiapan Masyarakat Indonesia Menghadapi Transformasi Teknologi” menghadirkan para pembicara yaitu Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro (Ketua AIPI); Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D. IPU, (Rektor UK Maranatha); dan Prof. Dr. Daniel Murdiyarso (Ketua KIPD AIPI).

Selain itu, diskusi mengenai transformasi teknologi di Indonesia ini juga mengundang para narasumber nasional, yaitu Rudiantara, M.B.A. (Menteri Kominfo 2014-2019); Prof. Dr. Sri Adiningsih (KIS-AIPI/FEB-UGM); Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat (STEI ITB); Prof. Dr. Muljo Widodo Kartidjo (KIR-AIPI/FTMD-ITB); Dr. Se Tin (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset UK Maranatha); Prof. Dr. Iwan Pranoto (FMIPA ITB); serta Dr. Bernard Renaldy Suteja (LPKA UK Maranatha) selaku moderator.

Beberapa topik seputar transformasi teknologi di Indonesia akan dibahas dalam seminar nasional ini, antara lain “Tantangan Menghadapi Transformasi Teknologi” dan “How to be Smart Society 5.0”. Materi bertemakan entrepreneurship juga akan dibahas dalam judul “Bagaimana Menjadi Technopreneur Unggul di Era Digital” dan “Bagaimana Dunia Usaha Dapat Terus Bertahan di Era Digital”.

Transformasi teknologi dari sudut pandang pendidikan dan kebudayaan juga akan didiskusikan dalam materi “Targeted Education dan Kolaborasi Pemangku Kepentingan” serta “Bagaimana Masyarakat Mempertahankan Nilai Budaya dan Nilai Kemanusiaan di Era Transformasi Teknologi”.

Demikian diinformasikan dalam laman sosialisasi semnas, pada alamat https://www.maranatha.edu/event/seminar-nasional-aipi/. Penyelenggaraan seminar nasional ini diprakarsai oleh Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar (KIPD) AIPI sebagai salah satu think tank ilmu pengetahuan di Indonesia, bekerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha.

Disebutkan dalam situs resmi aipi.or.id, AIPI adalah lembaga yang berfungsi memberi pendapat, saran, dan pertimbangan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pemerintah serta masyarakat.

AIPI juga bertugas memacu perkembangan ilmu pengetahuan melalui konferensi ilmiah dan forum diskusi kebijakan, publikasi, serta hubungan nasional dan internasional.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved