Wagub Jabar Sebut Bupati Purwakarta Berhasil Membangun Desa-desa yang Tertinggal

Wagub Jabar Sebut Bupati Purwakarta Berhasil Membangun Desa-desa yang Tertinggal

Penulis: Deanza Falevi | Editor: Siti Fatimah
deanza falevi
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersama Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika usai menghadiri acara Gebyar Desa dan Gempungan di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta pada Rabu (26/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menilai Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjadi salah satu bupati yang hebat di Jawa Barat karena telah berhasil membuat desa menjadi lebih baik.

Hal tersebut Uu sampaikan usai menghadiri acara Gebyar Desa dan Gempungan di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta pada Rabu (26/9/2022).

Ia mengatakan bahwa, Bupati Purwakarta menjadi salah satu contoh yang bisa membuat Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten bisa bekerjasama dengan baik.

"Tentu saja ini merupakan salah satu linier antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten, jadi ibu bupati (Anne Ratna) ini paham isyarat-isyarat pimpinan sehingga bisa melaksanakan apa yang diharapkan," ujar Uu saat ditemui Tribunjabar.id di Kantor Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Rabu (26/10/2022).

Dirinya mengatakan, dari 50 juta penduduk Jawa Barat, diantaranya itu 70 persen berasal dari desa.

Sehingga, menurut Uu, memperhatikan desa itu sama dengan memperhatikan mayoritas.

"Memperhatikan mayoritas tetapi bukan berarti masyarakat di kota itu diabaikan. Makanya tekhniknya adalah membangun desa menata kota," ujar Uu.

Uu pun mengaku bahwa program-program yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta atau biasa dipanggil Ambu Anne ini berhasil membangun desa dengan baik.

"Yang saya suka adalah inovasi-inovasi dari ibu bupati ini misalnya, perhatian terhadap lansia. Kan biasanya yang diperhatikan balita, ini lansia, ada tiga bulan sekali pengobatan, dikasih makanan tambahan dan juga yang lainnya," ujarnya.

"Yang kedua adalah aparatur desa mendapatkan asuransi yang sangat luar biasa sampai ke tingkat RT RW sampai ke tingkat Linmas, ini sangat luarbiasa," tambah Uu.

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa program Gebyar Desa dan Gempungan ini merupakan program unggulan dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Program unggulan kami ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam pelayanan, itu yang pertama," ujar Ambu Anne.

Selain itu, ia mengatakan bahwa keberhasilan membangun desa ini terbukti dengan sejumlah penghargaan yang diberikan ke Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Yang kedua, kolaborasi antara pemerintah desa dengan kabupaten itu sudah dibuktikan dengan saya kemarin atas nama pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta menerima dua penghargaan dari Menteri Desa, tentu itu adalah bukti bahwa kolaborasi sinergi yang terjalin diantara pemerintah daerah dengan desa itu sangat baiklah," ujar Ambu Anne.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved