DPRD Jabar Minta Pemprov Jabar Siapkan SDM Berkualitas di Program Desa Digital 

DPRD Jabar meminta Pemprov Jabar menyiapkan SDM berkualitas di Program Desa Digital 

istimewa
Anggota DPRD Jabar Hj Tina Wiryawati SH. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota Komisi I DPRD Jabar, Hj. Tina Wiryawati, S.H., mengatakan program Desa Digital tidak akan berlangsung sukses tanpa didukung penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di desa-desa. Ia menekankan perlunya penyediaan SDM yang mampu memanfaatkan dan merawat digitalisasi desa di desa-desa Jawa Barat.

"Hal yang utama adalah pelatihan SDM-nya yang tepat guna. Ini masih banyak membutuhkan pelatihan-pelatihan di tingkat perangkat desa maupun pemerintahan desa terkait desa digital," kata Tina, Selasa (25/10).

Anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini mengatakan dibutuhkan pemimpin-pemimpin di desa yang lebih visioner untuk mengembangkan desanya sesuai dengan kemajuan dan daya saing dalam bidang tekhnologi.

"Karena ke depan, pengetahuan-pengetahuan tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengembangan desa-desa, seperti contoh smart village, smart economi, smart society, semua ini tanpa pengetahuan yang mumpuni dari para kepala desa dan perangkatnya akan mustahil desa tersebut akan bisa bersaing," katanya.

Tina mengatakan pemerintah pun jangan sampai hanya memberikan program-program berteknologi tinggi tersebut, tanpa membina SDM-nya di desa.

"Untuk itu diperlukan komitmen pemerintah untuk mendorong atau membangun infrastruktur teknologi terkait di desa-desa. Juga diperlukan pelatihan dan pendampingan yang tepat," katanya.

Ia meminta pemerintah untuk konsentrasi juga pada empat pilar yang dijalankan untuk mendukung program Desa Digital.

Pertama, menyiapkan SDM andal. Kemudian membangun infrastruktur digital.

Ketiga adalah pembiayaan teknologi dan komunikasi. Pilar terakhir, pertumbuhan keuangan tinggi.

Empat pilar ini akan dijalankan hingga 2023 di mana dalam roadmap ini ditargetkan tidak ada lagi desa yang blankspot alias tidak ada sinyal handphone atau kawasan tanpa jaringan internet. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved