Perkaranya Dihentikan, Pemilik Rumah yang Dijadikan Konten Horor Youtuber Bakal Tempuh Jalur Ini

Erma Hermina, anak sekaligus ahli waris rumah kosong yang dimasuki 10 Youtuber pembuat konten horor, bakal mengajukan praperadilan.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Polisi memasang garis polisi di rumah yang dijadikan tempat membuat konten YouTube horor, di Jalan Sawah Kurung, Kota Bandung. Erma Hermina, anak sekaligus ahli waris rumah kosong yang dimasuki 10 Youtuber pembuat konten horor, bakal mengajukan praperadilan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Erma Hermina, anak sekaligus ahli waris rumah kosong yang dimasuki 10 Youtuber pembuat konten horor, bakal mengajukan praperadilan.

Langkah itu ditempuh lantaran Polisi tidak menemukan unsur pidana dalam laporan 10 Youtuber yang masuk tanpa izin, ke rumah kosong milik almarhum orang tua Erma atau pelapor di Jalan Sawah Kurung Raya, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung.

"Kalau penyelidikannya dihentikan, kita akan maju terus. Kita akan ajukan praperadilan," ujar Erma, saat dihubungi Selasa (18/10/2022).

Adhi Indratama kuasa hukum Erma Hermina mengatakan jika dalam laporannya ada dua dugaan pelanggaran tindak pidana.

Pertama, kata dia, pasal 167 dan pasal 363 KUHPidana.

"Ini kan yang dilaporkan klien kita pasal 167 KUHP, memaksa masuk ke pekarangan tertutup yang mana kalau menurut kita unsur-unsurnya sudah memenuhi, ada Youtuber yang memaksa masuk ke pekarangan tertutup tanpa izin dari klien kita atau keluarganya," ujar Adhi.

Pasal 363 nya pun, kata dia, sudah jelas karena ada pencurian dengan pemberatan.

Baca juga: Warga Sebut Rumah Kosong yang Dijadikan Konten Horor oleh Youtuber Bandung Baru 2 Tahun Tak Dihuni

"Pencurian dengan pemberatan itu dilakukan di waktu malam, dipekarangan tertutup, dua orang atau lebih dengan cara merusak atau memanjat, itu sudah masuk juga klausulnya, di pasal 363 ini," katanya.

Sementara terkait legalitas objek atau rumah kosong yang dimasuki para Youtuber itu, kata dia, dalam laporan sudah jelas bahwa Erma merupakan anak sekaligus ahli waris dari rumah tersebut.

"Rumah itu memang atas nama Ibu Ika Sartika, selaku orang tua dari Ibu Erma, karena Ibu Ika sudah meninggal maka rumah itu diwariskan kepada anak-anaknya," ucapnya.

"Ibu Ika memiliki empat anak dan yang lainnya (saudara) memberikan kuasa kepada Ibu Erma," tambahnya.

Menurut kliennya, kata dia, kuasa dari saudaranya diberikan kepada Erma secara lisan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved