LAYAK DITIRU, Takut Kebanjiran Lagi, Warga Pangandaran Gotong Royong Bersihkan Sungai dari Sampah

Diketahui, di saluran anak sungai Citanduy tersebut pada Jum'at (7/10/2022) sebelumnya sempat terjadi banjir. 

Penulis: Padna | Editor: Ravianto
istimewa Wawan warga Kalipucang
Suasana saat sejumlah warga menyingkirkan berbagai jenis sampah di anak sungai Citanduy di Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Sabtu (15/10/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Sejumlah warga di Pangandaran gotong royong menyingkirkan sampah, takut kebanjiran lagi seperti beberapa hari yang lalu.

Kegiatan gotong royong tersebut berlangsung di saluran anak Sungai Citanduy yang berada di sekitar jembatan jalan raya nasional di Dusun Giri setra, Desa/Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Diketahui, di saluran anak sungai Citanduy tersebut pada Jum'at (7/10/2022) sebelumnya sempat meluap dan mengakibatkan banjir. 

Kini, berbagai jenis sampah yang sempat menyumbat saluran sungai dan berdampak banjir disingkirkan warga.

Bukan hanya bapak-bapak, ibu-ibu juga turut membantu menyingkirkan sampah.

Satu warga setempat, Rita (33) menyampaikan, hari Sabtu (15/10/2022) ini Ia bersama warga lainnya sengaja bersama sama menyingkirkan sampah di sungai.

"Banyak sampah yang potensi menyumbat saluran sungai, seperti ranting kayu dan lainnya. Kemarin juga, banjir, salah satunya karena banyak sampah di kolong jembatan," ujar Rita kepada wartawan seusai gotong royong menyingkirkan sampah, Sabtu (15/10/2022) siang.

Apalagi, kata Ia, dari 3 pintu saluran anak sungai, air yang mengalir ke sungai Citanduy itu hanya ada satu pintu dan itupun tidak terlalu lancar.

"Makanya, kita harus buru-buru dibersihkan karena takut ada banjir susulan. Sekarang kan cuaca masih buruk, hujan terus," katanya.

Menurutnya, jika berbagai jenis sampah tidak segera disingkirkan, selain terjadi banjir juga khawatir jembatan menjadi jebol.

"Komo (apalagi), sampahnya banyak potongan kayu dan bambu. Itu susah dibersihkan. Kalau ada, kita butuh bantuan alat berat (excavator) yang kecil untuk membersihkan sampah dari sungai," ucap Rita.(Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved