Jalur Jalan Cupunagara Subang ke Kabupaten Bandung Barat Kembali Normal, Longsor Sudah Dibersihkan

"Kami bersama Camat Cisalak, Kasie Trantib, Kasie Kesos dan Babinkamtibmas juga Babinsa, melakukan monitoring pasca bencana longsor"

Penulis: Ahya Nurdin | Editor: Adityas Annas Azhari
Dok Polsek Cisalak
Kapolsek Cisalak AKP M Wahidin Agusni, Bersama Jajaran Forkopimcam Cisalak meninjau lokasi pascalongsor di Dusun Cibitung, Desa Cupunagara, Kabupaten Subang, Rabu (12/10/2022) 

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG -  Akses jalan di Kampung Cibitung, Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang yang terhubung ke wilayah Kabupaten Bandung Barat sudah kembali normal pascalongsor yang sebelumnya terjadi Sabtu (8/10/2022) malam.

Jajaran Forkopimcam Cisalak, Kabupaten Subang, bersama Pemerintah Desa Cipunagara, Rabu (12/10/2022) langsung meninjau ke lokasi pascalongsor tersebut

"Kami bersama Camat Cisalak, Kasie Trantib, Kasie Kesos dan Babinkamtibmas juga Babinsa, melakukan monitoring pasca bencana longsor di beberapa titik di Desa Cupunagara," ujar Kapolsek Cisalak, AKP M Wahidin Agusni.

Suasana Warga bergotong-royong bersihkan jalan yang tertutup longsor di kampung Cibitung Desa Cupunagara Kec.Cisalak Kab.Subang
Suasana Warga bergotong-royong bersihkan jalan yang tertutup longsor di kampung Cibitung Desa Cupunagara Kec.Cisalak Kab.Subang (Istimewa/ Dok Polsek Cisalak.)

Hasil pemantauannya, kata Wahidin Agusni, saat ini aman dan tidak ada hal yang mengkhawatirkan.

"Alhamdulillah situasi dan kondisi sekarang dalam keadaan aman dan kondusif. Jalur lintas atau akses jalan sudah dapat dipergunakan masyarakat dari arah Bandung Barat maupun dari Cupunagara," katanya.

Baca juga: 10 Titik di Cupunagara Subang Diterjang Longsor, Jalur Cupunagara-Lembang Tertutup Material Longsor

Menurut Kapolsek, 10 titik longsor sudah dibersihkan oleh masyarakat dan BPBD Kabupaten Subang, dibantu anggota TNI-POLRI dari Polsek Cisalak dan Koramil 0505 CSL-TJS.

"Sekalipun saat ini sudah tak ada longsoran lagi, namun saya mengimbau masyarakat lebih waspada karena cuaca ekstrem saat ini masih terus berlangsung," ujarnya.

Camat Cisalak Andri Darmawan membenarkan hal yang disampaikan Kapolsek Cisalak. Menurutnya, situasi cuaca yang tidak menentu, pihak pemerintah desa harus sigap tanggap terhadap situasi kondisi alam, agar banyak berkoordinasi dengan masyarakat atau lingkungan mengingat Desa Cupunagara ini geografisnya bertebing.

Baca juga: Dua Pengendara Motor Nyaris Tertimbun Longsor, Jalan Cupunagara-Lembang Sempat Terputus

Kepala Desa Cupunagara, Wahidin Hidayat menyampaikan terimakasih kepada Forkopimcam Cisalak, BPBD Kabupaten Subang, dan juga warga masyarakat dan yang lainnya yang telah membantu dalam penanganan bencan alam longsor.

"Dalam kesempatan ini pula saya menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam situasi sekarang ini karena curah hujan tidak menentu. Diharapkan dalam situasi seperti ini harus lebih ditingkatkan komunikasi dan koordinasi antara semua pihak," ucap Wahidin. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved