Alhamdulillah, Besok BLT UMKM Mulai Cair di Bandung, Ini Kecamatan Pertama yang Akan Terima Bantuan

Pemerintah Kota Bandung mulai cairkan bantuan langsung tunai (BLT) ke pelaku UMKM mulai Kamis (12/10/2022).

Tribunnews.com
ilustrasi uang bantuan sosial - Pemerintah Kota Bandung mulai cairkan bantuan langsung tunai (BLT) ke pelaku UMKM dimulai Kamis (12/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung mulai cairkan bantuan langsung tunai (BLT) ke pelaku UMKM mulai Kamis (12/10/2022).
Penyaluran BLT UMKM ini menjadi bantalan bagi masyarakat menyusul naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan akan disalurkan di wilayah Kecamatan Cibeunying Kidul.

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, menyampaikan, ada 948 pelaku UMKM yang akan mulai menerima BLT UMKM tahap pertama senilai Rp 150 ribu per orang.

Bantuan ini diberikan tiga kali ke pelaku UMKM dengan total nilai Rp 450 ribu per orang.

Baca juga: Penyaluran BLT BBM Sudah 98 Persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini Tunda Penyaluran di Satu Daerah

"Bantuan UMKM di Bandung ada Rp 2 miliar. Nah, besok simbolisnya diserahkan ke 948 pelaku usaha mikro oleh pak wali kota di Kecamatan Cibeunying Kidul," katanya, Rabu (13/10/2022) di Balaikota.

Ema mengatakan seluruhnya ada 4.000 pelaku UMKM yang akan menerima BLT UMKM. Dia mendorong agar para pelaku UMKM yang ada di Teras Cihampelas masuk ke dalam daftar penerima bantuan.

"Kami mintakan para pelaku usaha di Teras Cihampelas yang menyampaikan aspirasi kebutuhan permodalan didorong masuk menjadi target penerima BLT UMKM walau besarannya sudah ditentukan Rp 150 ribu per bulan selama 3 bulan," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman memastikan penyaluran BLT yang bakal dilakukan sepanjang tiga bulan mulai Oktober sampai Desember menyasar pelaku UMKM yang termasuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

"Tahap pertama diprioritaskan DTKS, kelompok UMKM, itu kriterianya pengusaha usaha mikro tapi yang DTKS. Anggaran yang disediakan Pemkot Bandung senilai Rp 2,2 miliar. Alokasi itu berdasar dana tambahan dari pemkot sebesar Rp 1 miliar," katanya.

Adapun skema penyalurannya melalui rekening langsung penerima BLT UMKM, sehingga bisa langsung diberikan ke rekening penerima alias langsung dari APBD.(*)

Baca juga: HARI INI BSU Tahap 5 Cair, Begini Cara Cek Penerima BLT Rp 600.000 Kemnaker Lengkap dengan Syaratnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved