Korban KDRT seperti Lesti Kejora Tak hanya Luka Fisik, tapi Juga Mental, Bisa Alami Gangguan Jiwa

Korban KDRT tak hanya perlu penanganan medis, tetapi juga perlu penanganan mental yang dilakukan secara tepat oleh ahli.

YouTube 3D Entertainment
Lagu Kulepas Dengan Ikhlas milik Lesti Kejora mendadak menjadi perbincangan setelah mencuat kasus KDRT yang dialaminya. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Pedangdut Lesti Kejora menjadi salah satu wanita yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Lesti Kejora jadi korban dugaan KDRT yang dilakukan sang suami, Rizky Billar.

Korban KDRT tak hanya perlu penanganan medis, tetapi juga perlu penanganan mental yang dilakukan secara tepat oleh ahli.

Dikutip dari Kementerian PPPA, ada 10 ribu kasus KDRT yang dilaporkan.

Namun angka itu mungkin saja lebih besar, karena masih saja ada keengganan korban melaporkan ke pihak berwajib.

Meski pelaku KDRT bisa dihukum dan korban tidak lagi bertemu dengan pelaku, rasa trauma masih sangat mengakar pada korban.

Psikiater sekaligus Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr. Agung Frijanto, SpKJ menyatakan, ada banyak dampak kesehatan mental yang dialami korban KDRT mulai kecemasan hingga memicu risiko gangguan jiwa.

"Iya sangat-sangat berefek KDRT itu pada mental korbannya," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dokter yang berpratik di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta ini menjelaskan, korban KDRT akan mengalami PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma, depresi, kecemasan, penyalahgunaan obat, sampai gangguan jiwa.

Baca juga: Rizky Billar Dituding Menikah Demi Harta, Pesan Menohok Ivan Gunawan untuk Lesti Kejora Jadi Sorotan

Lalu, bagaimana menangani korban KDRT?

Dokter Agung menuturkan, korban harus mendapatkan penanganan pertama atau psikologis first aid untuk memetakan kondisi korban, keluarga, maupun kolega terdekat.

Kemudian di-assessment dan diperiksa oleh tenaga medis, tenaga kesehatan, yall psikiater, dokter, jugs psikolog jika ada masalah kesehatan jiwanya.

"Setelah itu dilakukan terapi sesuai dengan diagnosisnya atau dampak dari KDRT-nya tadi apakah apakah bisa depresi, cemas dan lain-lain," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dampak Kesehatan Mental Korban KDRT seperti Lesti Kejora, Psikiater: Berisiko Alami Gangguan Jiwa

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved