Yunandar: Pentingnya Kemasan, Promosi, dan Branding Produk bagi Wirausahawan

Yunandar mengatakan, kemasan, promosi, dan branding produk penting bagi wirausahawan.

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Anggota DPRD Jabar Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mengatakan pentingnya kemasan, branding, dan promosi bagi wirausahawan. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berwirausaha tidak hanya fokus mengenai cara menghasilkan produk barang atau jasa.

Pemasaran melalui penguasaan pasar serta promosi, dinilai hal yang tidak kalah pentingnya dari kualitas produk yang dihasilkan.

Anggota DPRD Jabar Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mengatakan mengetahui pasar yang tepat bagi produk yang kita hasilkan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai, produk yang kita hasilkan tidak laku hanya karena salah membidik pasar atau kelompok konsumen yang akan membelinya.

"Kalau bisnis, kita harus bicara pasar. Jadi kalau mulai produk, produk kita bagus, ya bagus. Tapi jalau pasarnya tidak ada atau tidak tahu, tidak akan bisa. Di mana saya akan jual keripik pedas ini, misalkan. Harus dijual ke mana, ke siapa. Kita harus mulai belajar itu, bagaimana caranya mengetahui pasar," kata Yunandar di Bandung, Jumat (7/10/2022).

Ia mengatakan pasar dalam artian ini tidak harus tentang tempat. Di era serba digital ini, siapapun bisa menjual produk secara online di marketplace ataupun media sosial.

"Kalau mau bisnis, sekarang harus tahu pasarnya dulu. Jadi tidak mesti di Kota Bandung misalkan, karena sekarang ada online. Dengan online itu kita bisa ke seluruh Indonesia atau dunia, asalkan kalau mau jualan ke Singapura misalnya secara online harus memakai bahasa Inggris," kata Yunandar.

Di zaman serba digital ini, katanya, rupa atau tampilan produk hafus dibuat semenarik mungkin. Foto produk yang akan dipasarkan harus menarik disertai deskripsi yang jelas.

"Bagaimana caranya teman-teman membuat foto produk, ini bisa dibantu di Rumah Kemasan. Jadi kalau sudah jadi kemasannya, punya produk, dibikin kemasan, kemudian nanti bisa dibikinkan fotonya untuk digitalisasi ini," katanya.

Branding pun menjadi hal yang penting karena kalau sudah punya produk, kemasan sudah bagus, tahu pasarnya, juga harus mulai berani memikirkan produknya untuk siapa dan apa pemanfaatannya. Kemudian dipikirkan bagaimana caranya konsumen ingat dengan produk yang dijual.

"Bagi saya ini sangat penting untuk UMKM, kepedulian kita, kesadaran kita, terhadap kemasan, promosi, dan branding, itu sangat menentukan harga jual. Sangat menentukan nilai jual dan produk. Produknya bisa bagus tapi kemasannya kurang menarik, tidak akan laku dijual. Maka ini satu fasilitas bisa harus betul-betul dijangkau masyarakat Jawa Barat, terutama UMKM dan IKM," ujarnya.

Selama ini diketahui, Yunandar mendirikan perkumpulan Gen W yang memfasilitasi pelatihan-pelatihan dan sarana untuk berwirausaha. Yunandar pun menginisiasi dan menyusun Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Kewirausahaan Daerah.

Baca juga: Perda Kewirausahaan Daerah Mendorong Lingkungan Kewirausahaan Maju di Jabar

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved