Hindari Parkir di Bawah Pohon, DPKP3 Kota Bandung: Sulit Prediksi Konsidi Pohon, Pantau 3 Lokasi Ini

DPKP3 Kota Bandung minta masyarakat tidak parkir kendaraan di bawah pohon saat musim penghujan untuk menghindari terjadinya pohon tumbang.

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
DPKP3 Kota Bandung minta masyarakat tidak parkir kendaraan di bawah pohon saat musim penghujan untuk menghindari terjadinya pohon tumbang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Masyarakat diminta tidak parkir kendaraan di bawah pohon saat musim penghujan untuk menghindari terjadinya pohon tumbang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Rizki Kusrulyadi menyebut cuaca saat ini dalam kondisi ekstrem, dengan adanya angin besar disertai petir.

Rizki pun mengaku pihaknya telah memangkas dan menebang ranting juga dahan guna mengurangi beban pohon.

Dia juga menyebut DPKP3 telah berkoordinasi dengan kewilayahan untuk antisipasi terjadinya kecelakaan akibat pohon tumbang.

"Cuaca ekstrem sulit diprediksi untuk pohon karena kondisi akar pohon tak bisa terdeteksi dari luar. Kami berharap kepada masyarakat untuk pelihara pohon sebagaimana layaknya. Kami juga minta kepada warga agar tak bakar sampah dekat pohon. Jika dilakukan dalam jangka waktu lama itu rawan tumbang dan rusak," katanya, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: BREAKING News, Pohon Tumbang Timpa Mobil di Jalan Maulana Yusuf Bandung, Ada Korban? Ini Kata Polisi

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon pada DPKP3 Kota Bandung, Roslina menjelaskan ada tiga lokasi yang terus dipantau mengenai kondisi pohon, yakni Jalan Sukajadi, Jalan Cipaganti, dan Jalan Cihampelas.

Biasanya kerusakan paling dominan pada pohon berasal dari gejala cabang patah, daun berubah warna, dan luka terbuka.

"Tindakan yang kami lakukan dalam pemeliharaan dan perawatan pohon ialah pemangkasan, penebangan, eradikasi, dan penyiraman," katanya.

Belasan Pohon Tumbang

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mencatat sudah ada sebanyak 12 pohon tumbang mulai 2 Oktober sampai 6 Oktober 2022.

Pohon yang tumbang itu ada beberapa yang menimpa kendaraan bermotor.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon pada DPKP3 Kota Bandung, Roslina mengatakan, cuaca ekstrem beberapa hari terakhir memang mengakibatkan belasan pohon tumbang dan pihaknya sulit untuk memprediksi lokasi yang rawan terjadinya pohon tumbang.

"Susah diprediksi (rawan pohon tumbang), karena tergantung dari kecepatan angin dan intensitas hujannya," ujarnya saat dihubungi, Kamis (6/10/2022).

Sebuah pohon tumbang di Jalan Cipunagara, Kota Bandung saat dievakuasi Selasa (4/10/2022).
Sebuah pohon tumbang di Jalan Cipunagara, Kota Bandung saat dievakuasi Selasa (4/10/2022). (TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved