Ridwan Kamil Beri Penghargaan Pabrik di Sukabumi karena Bangun PLTS Atap Sebagai Energi Terbarukan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada Pabrik AQUA Mekarsari karena telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap

Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada Pabrik AQUA Mekarsari karena telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap sebagai sumber energi baru terbarukan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada Pabrik AQUA Mekarsari karena telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap sebagai sumber energi baru terbarukan.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Pabrik AQUA Mekarsari Novan Julianto pada acara West Java Investment Summit 2022 sebagai Rangkaian Presidensi G20 dengan tema “Green Investment: Food Security & Renewable Energy” yang berlangsung di Bandung.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap yang dipasang di pabrik terbesar Danone-AQUA di Indonesia tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 2.112 kWp, dan mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWh per tahun, serta mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun.

Ridwan Kamil, dalam sambutannya mengatakan penghargaan pengembangan dan oemanfaatan energi terbarukan itu merupakan suatu bentuk apresiasi atas kontribusi berbagai sektor, termasuk sektor industri, dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dan konservasi energi di Jawa Barat.

Jawa Barat sebagai Provinsi dengan populasi terbesar di Indonesia tentu saja memiliki tingkat konsumsi energi yang tinggi juga. Oleh karena itu diperlukan suatu terobosan guna mencukupi kebutuhan energi di Jawa Barat.

“Pemerintah Jawa Barat menargetkan proporsi suplai energi baru terbarukan untuk energi primer tersebut sebesar 20,1 persen. Dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jawa barat menargetkan add on PLTS sebesar 918 MW.

Alhamdulillah banyak sektor telah memanfaatkan PLTS sebagai sumber energi terbarukan. Untuk menyukseskan program PLTS Atap yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Barat juga membangun instalasi tersebut di berbagai tempat seperti di kantor pemerintah dan juga sekolah.

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dari sektor industri untuk dapat meningkatkan bauran energi terbarukan secara signifikan, di antaranya melalui pemasangan PLTS Atap di Jawa Barat," katanya.

“Pabrik AQUA Mekarsari terus berupaya menjalankan produksi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan energi listrik dan beralih ke pemanfaatan tenaga surya (solar panel) yang dipasang di atap pabrik untuk menjalankan kegiatan operasional di Pabrik AQUA Mekarsari setiap hari,” jelas Kepala Pabrik AQUA Mekarsari Novan Julianto.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved