Tragedi Arema vs Persebaya

Tragedi Kanjuruhan, Pegawai Kebersihan KAI Ikut Diamankan Polisi, Pengunggah Video Pintu Terkunci

Petugas kebersihan di Stasiun Malang Kota Baru sempat diamankan polisi. Dia merupakan pengunggah video yang memperlihatkan pintu Stadion terkunci.

Editor: Giri
SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke lapangan seusai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, MALANG - Petugas kebersihan di Stasiun Malang Kota Baru sempat diamankan polisi.

Dia merupakan pengunggah video yang memperlihatkan pintu Stadion Kanjuruhan terkunci saat tragedi kerusuhan, pada sabtu (1/10/2022) malam.

Video itu viral di media sosial.

Kemudian, ramai beredar kabar bahwa pengunggah video itu diamankan polisi.

Kabar tersebut menjadi perbincangan di masyarakat, termasuk Aremania.

Mengenai penangkapan yang dilakukan polisi kepada petugas kebersihannya, dibenarkan Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

"Iya Senin (3/10/2022) kemarin dibawa polisi dimintai keterangan, tapi sekitar pukul 18.00 WIB kemudian disuruh balik," ungkap dia saat dikonfirmasi, Rabu (5/10/2022).

Luqman tidak menyebutkan secara mendetail kejadian dan siapa pegawai yang dibawa oleh kepolisian.

Baca juga: Ibu Gian Zola Sempat Syok karena Sang Anak Sulit Dihubungi Saat Tragedi Stadion Kanjuruhan

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, memang tim investigasi khusus Mabes Polri mengamankan beberapa saksi, termasuk masyarakat umum.

Namun pihaknya memastikan pengamanan itu hanya untuk kepentingan pemeriksaan sebagai saksi.

"Ya termasuk pengunggah video dari pihak masyarakat. Tujuannya agar timsus bisa melakukan penyelidikan secara menyeluruh," ucap Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mapolres Malang, Selasa (4/10/2022).

Dedi tidak menyebutkan secara spesifik siapa saja masyarakat yang dimintai keterangan sebagai saksi dalam tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan itu.

Baca juga: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Janji ke Presiden Jokowi, 3 Minggu Bakal Serahkan Laporan

Yang pasti, menurutnya, total ada 29 orang yang dimintai keterangan sebagai saksi. Dari 29 orang tersebut, 23 di antaranya anggota kepolisian, dan enam orang lainnya dari unsur panitia pelaksana pertandingan, serta masyarakat umum, termasuk Aremania.

"Itu jumlah sementara. Kemungkinan akan bertambah lagi. Besok (hari ini) ada beberapa saksi yang akan dimintain keterangan terkait peristiwa di Kanjuruhan," kata dia.

Hingga Selasa (4/10/2022), jumlah korban jiwa tragedi Kanjuruhan bertambah menjadi 131 orang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengunggah Video Pintu Keluar Stadion Kanjuruhan, Dikabarkan Diciduk Aparat, Ini Penjelasan Polisi"

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved