Panen Durian Cikakak di Sukabumi Melimpah, Petani Ingin Festival Durian Kembali Digelar

para petani menginginkan Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali menggelar festival durian.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Ravianto
m rizal jalaludin/tribun jabar
Untung Saputra petani durian di Cikakak, Sukabumi memperlihatkan durian Cikakak, Senin (4/10/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Tahun ini petani durian di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kembali panen ratusan bahkan ribuan durian.

Durian lokal Cikakak ini kerap diburu pecinta durian dari berbagai daerah.

Dengan panen melimpah mencapai 30 ribu butir di tahun 2022 ini, para petani menginginkan Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali menggelar Festival Durian.

Diketahui, festival terakhir kali digelar tahun 2020, dua tahun terakhir tidak ada gelaran Festival Durian akibat pandemi Covid-19.

Seorang petani, Untung Saputra (32) mengaku siap jika festival durian kembali digelar, ia pun berharap penuh Pemda menggelar festival untuk mempertahankan dan terus memperkenalkan durian lokal Cikakak.

"Sangat siap sekali, karena durian Cikakak musim sekarang sampai 30 ribu butir, terhitung dari setiap pemborong, pengepul dan petani. Adanya festival itu sangat diharapkan oleh para pencinta durian, apalagi para petani durian," ujar untuk saat ditemui di kios duriannya, Jalan Sukawayana-Cilengsing, Cikakak, Selasa (4/10/2022).

ilustrasi durian cikakak
Durian cikakak.

Untung yang juga penjual durian berharap, adanya festival dapat membantu petani durian dalam pemasaran, karena ketika panen berlimpah tidak diikuti pemasaran yang baik akan sangat sulit untuk menjual durian.

"Karena untuk membuang panen harus ada pemasaran besar-besaran. Susah memasarkan di saat panen raya itu," ucapnya. 

Menurutnya, festival durian sangat membantu para petani. Terbukti pada tahun 2020 lalu, para petani tidak perlu susah payah untuk memasarkan durian, terlebih durian lokal Cikakak memiliki rasa sangat manis dan kualitas yang bagus.

"Sekarang sudah masuk panen awal, setelah itu panen raya masuk di bulan 12 atau bulan 1, sangat banyak petani panen, perhari bisa sampe 2 sampai 3 ribu petani, durian kami pun tidak kalah saing dengan wilayah lain, jadi kami sangat siap dan berharap kembali ada festival," kata Untung.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved