Breaking News:

Longsor di Ciamis

BREAKING NEWS Ciamis Dikepung Longsor, Ada 20 Titik, 27 Rumah, Madrasah, dan Masjid Terancam

Terjadi longsor secara sporadis setidaknya di 20 lokasi di 7 dusun di Nasol Ciamis. Sebanyak 27 rumah warga terdampak, berikut 1 madrasah dan 2 masjid

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
istimewa/ Dok Pemdes Nasol
Longsor – Menyusul terjadinya hujan lebat sejak Senin (3/10) sore sampai malam, telah memicu terjadinya longsor di 20 titik di Desa Nasol Cikoneng Ciamis. Sebanyak 27 rumah terdampak, 2 KK mengungsi, 1 madrasah dan 2 masjid terdampak. Ruas jalan yang menghubungkan Desa Nasol dan Desa Darmacaang tertutup longsor di Dusun Cikuda 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Hujan deras berintensitas tinggi (hujan ekstrim) yang mengguyur Ciamis sejak Senin (3/10) sore dan baru reda Selasa (4/10/2022) pagi, telah menimbulkan tanah longsor di puluhan lokasi dan banjir di belasan lokasi di Ciamis.

Longsor terparah di Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Terjadi longsor secara sporadis setidaknya di 20 lokasi di 7 dusun di Nasol Ciamis. Sebanyak 27 rumah warga terdampak, berikut 1 madrasah dan dua masjid.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Ada 2 KK yang mengungsi ke rumah saudara dan tetagganya,” ujar Sekdes Nasol, Abdul Latif kepada Tribun Selasa (4/10/2022).

Longsor yang terjadi puluhan lokasi di Desa Nasol tersebut umumnya terjadi sekitar pukul 18.00 Senin (3/10) malam.

Terdata ada 27 rumah terdampak dan terancam, berikut satu madrasah dan dua masjid.

Yakni Madrasah Roudhatul Mutaalimin di Dusun Desa RT 14 RW 04.

Selain itu Masjid Nurul Yaqin di Dusun Babakan Rt 21 RW 07 dan Masjid Al Istiqomah di Dusun Carik Rt 24 RW 22 ikut terdampak.

Baca juga: Jalan Raya Subang-Bandung Longsor, Untung Tak Sampai Memutus Jalan

Sedangkan 27 rumah yang terdampak longsor menurut Latif masing-masing di Dusun Desa (11 rumah), Dusun Babakan (4 rumah), Dusun Cikuda (3 rumah), Dusun Sigung (4 rumah), Dusun Batu Malang (2 rumah) serta Dusun Palasari dan Dusun Cikahurip masing-masing 1 rumah.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Tetapi ada 2 KK yang mengungsi. Namun yang dikhawatirkan terjadinya longsor susulan, mengingat cuaca sudah mendung lagi,” katanya.

Selain itu tiga rumah terancam di Dusun Cikuda akibat longsor.

Di Dusun Cikuda tepatnya di Rt 27 RW 009, longsor tebing menimbun ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Nasol dengan Desa Darmacaang.

Sepertiga badan jalan tertimbun puing longsor runtuhan tebing.

“Kejadian tadi malam waktu magrib sekitar pukul 18.00. Mobil dan sepeda motor masih bisa lewat, bagian jalan yang tertimbun jalan hanya sepertiga badan jalan,” jelas Sekdes Abdul Latif.

Kondisi jalan sudah kembali normal sekitar pukul 10.00, Selasa (4/10), siang setelah warga bergotong royong menyingkirkan timbunan longsor yang menutup sepetiga badan jalan.

Baca juga: Terdengar Suara Gemuruh, Ternyata Ada Tebing 15 M Longsor di Cimahi, Empat Rumah Terancam Ambruk

Penyingkiran timbunan longsor dilakukan secara manual menggunakan pacul.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved