Banjir di Kota Cimahi

Banjir di Cimahi, Lalu Lintas di Jalan Raya Nasional Sempat Lumpuh, Sejumlah Kendaraan Melawan Arus

Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi terendam banjir setelah turun hujan deras hingga menyebabkan kemacetan padat & akses jalan nasional itu sempat lumpuh

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Ruas Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi terendam banjir setelah turun hujan deras hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas yang padat dan akses jalan nasional tersebut sempat lumpuh, Selasa (4/10/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Ruas Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi terendam banjir setelah turun hujan deras hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas yang padat dan akses jalan nasional tersebut sempat lumpuh, Selasa (4/10/2022) sore.

Pantauan Tribunjabar.id, banjir di Cimahi merendam ruas jalan dari arah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menuju Kota Bandung, tepatnya sebelum persimpangan Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi.

Akibat banjir itu, sejumlah pengendara yang melaju dari arah Padalarang sempat terjebak banjir di ruas Jalan Amir Machmud tersebut.

Karena itu, banyak pengendara yang terpaksa putar arah dengan cara melawan arus.

"Penyebab banjir kemungkinan akibat ada limpasan air dari saluran drainase yang tersumbat (sampah)," ujar anggota Satlantas Polres Cimahi, Aiptu Saiful saat ditemui di Jalan Amir Machmud, Selasa (4/10/2022).

Akibat banjir tersebut arus lalu lintas di sekitar jalan raya itu sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup parah karena banyak pengendara yang berhenti sebelum melintasi genangan air tersebut.

Baca juga: Banjir Gedebage Ada Drainase Tersumbat Sampah Kayu, Pemkot Cari Lahan Untuk Kolam Retensi di Metro

Namun pada pukul 15.00 WIB, kondisi arus lalu lintas terpantau sudah kembali normal karena genangan air sudah sedikit surut sehingga banyak pengendara yang memaksakan untuk menerobos genangan air.

"Alhamdulillah sekarang kondisi arus lalu lintas sudah mulai lancar karena air sudah surut. Sebelumnya tidak bisa jalan karena genangan air cukup tinggi," kata Saiful.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan mengatakan, banjir yang terjadi di Jalan Amir Machmud itu akibat adanya limpasan air dari drainase yang tak mampu menampung air dari hulu.

"Itu terjadi setelah turun hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga debit air yang keluar atau mengalir semakin besar, tapi sekarang sudah surut," kata Fitriandy.

Sementara itu pihaknya mengimbau agar warga harus lebih waspada lagi karena cuaca ekstrem hingga saat ini masih kerap terjadi dan kerap turun hujan deras yang bisa menyebabkan longsor dan banjir.

Baca juga: Nyaris Sepekan Sumedang Terus Diguyur Hujan, BPBD Ingatkan Warga Waspadai Tanah Bergerak

"Tapi untuk status siaga darurat bencana hingga saat ini belum dinaikan karena kami masih menunggu SK dan rilis resmi dari BMKG," ujar Fitriandy. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved