Tragedi Arema vs Persebaya

Tragedi Arema vs Persebaya, Klub Barcelona dan Tim Repsol Honda Sampaikan Belasungkawa

Dua tim olahraga dunia, FC Barcelona dan tim MotoGP, Repsol Honda, turut memberikan ucapan dukacita mendalam terkait tragedi Arema vs Persebaya.

Editor: Hermawan Aksan
SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion seusai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). FC Barcelona dan tim MotoGP, Repsol Honda, turut memberikan ucapan dukacita mendalam terkait tragedi Kanjuruhan. 

TRIBUNJABAR.ID - Dua tim olahraga dunia, FC Barcelona dan tim MotoGP, Repsol Honda, turut memberikan ucapan dukacita mendalam terkait tragedi Kanjuruhan selepas laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Sejarah sepak bola Indonesia tercoreng warna gitam pada Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Tragedi terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga tuan rumah Arema FC melawan tamunya, Persebaya Surabaya, pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

Menurut laporan jurnalis Kompas TV Muhammad Tiawan, suporter berbondong-bondong masuk ke lapangan seusai laga.

Baca juga: UPDATE Korban Meninggal Jadi 174 Orang, Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kata Wagub Emil Dardak

Pihak keamanan mencoba mengamankan kondisi dengan menembakkan gas air mata ke bagian bawah pagar pembatas.

Nahasnya, asap gas air mata yang mereka lontarkan mengarah ke tribun dan mengepul di sisi selatan.

Asap tersebut diduga menjadi penyebab suporter sesak napas dan pingsan, bahkan memakan korban jiwa.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Kompas.com hingga Minggu (2/10/2022) pukul 15.00 WIB, korban meninggal dunia kerusuhan Kanjuruhan mencapai 129 jiwa.

Tragedi Stadion Kanjuruhan itu pun mendapat perhatian dari media-media olahraga dunia.

Media ternama Spanyol Marca, mewartakan "Pertama, setidaknya ada 129 orang, termasuk dua polisi, meninggal dunia dalam kericuhan yang terjadi setelah pertandingan sepak bola."

Media lainnya, The Guardian Sport, membuat tajuk "Lebih dari 120 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan pada pertandingan sepak bola Indonesia."

Salah satu klub top Liga Spanyol, FC Barcelona, juga turut menyampaikan ucapan dukacita atas terjadinya insiden memilukan di Kanjuruhan.

"FC Barcelona turut berduka atas tragedi yang terjadi di Kanjuruhan dan kami menolak segala tindakan kekerasan di dalam dan luar stadion."

"Belasungkawa sedalamnya  bagi para korban dan keluarga mereka," tulis akun Twitter resmi Barcelona dalam bahasa Indonesia.

Tak hanya dari dunia sepak bola, ucapan dukacita dan belasungkawa untuk korban tragedi Kanjuruhan juga datang dari tim balap MotoGP yang dibela Marc Marquez, Repsol Honda.

Ucapan dukacita tersebut disampaikan Repsol Honda menjelang balapan MotoGP Thailand 2022 yang akan dilangsungkan di Stadion Chang Internasional Buriram pada Minggu (2/10/2022) sore WIB.

"Kami turut berdukacita atas korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang."

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran," demikan ucapan dukacita Repsol Honda terkait kerusuhan di Kanjuruhan setelah laga Arema FC vs Persebaya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tragedi Kanjuruhan Jadi Perhatian Dunia, Barcelona dan Tim MotoGP Ikut Berduka", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sports/read/2022/10/02/15242158/tragedi-kanjuruhan-jadi-perhatian-dunia-barcelona-dan-tim-motogp-ikut?page=all#page2.

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved