Bulan Depan Jokowi dan Xi Jinping Akan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden China pada acara G 20, akan meninjau proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Ravianto
lutfi ahmad mauludin/tribun jabar
Rangkaian kereta yang akan digunakan untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung di depo Tegalluar, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping pada acara G 20, akan meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat mengungkapkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat pada Juni 2023 mendatang

Menurut Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dalam rangka persiapan kunjungan kerja bapak presiden di bulan November dalam penyampaian showcase, pihaknya masih on schedule.

"Semoga ini berjalan dengan lancar," ujar Dwiyana di Stasiun Kereta Api Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/10/2022).

Dwiyana mengatakan, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, rombongan presiden akan menggunakan kereta CIT atau kereta inspeksi

"Pada acara G20, Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping akan menggunakan Kereta CIT atau kereta inspeksi dan melihat langsung teknologi kereta CIT," ujar Dwiyana.

Rangkaian kereta untuk kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah rampung diproduksi dan menjalani tes uji di pabrik di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok.
Rangkaian kereta untuk kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah rampung diproduksi dan menjalani tes uji di pabrik di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok. (Istimewa)

Dwiyana menjelaskana, rombongan presiden, nantinya akan melakukan perjalanan sepanjang 15 kilometer, dengan kecepatan sementara dibatasi sampai dengan 80 kilometer per jam dari area Kopo, Bandung hingga Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung. 

"Gelaran G20 ini menjadi salah satu fokus kami saat ini. Di sisi lain, kami juga terus melakukan percepatan pembangunan, dan penyelesaian agar proyek KCJB ini bisa selesai sesuai dengan target," tuturnya.

Dwiyana, juga meminta dukungan masyarakat, supaya pembangunan proyek KCJB bisa berjalan lancar. 

"Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar proyek ini bisa berjalan dengan baik, dan bisa beroperasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan," ucapnya.(Laporan Wartawab Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved