Tangis Haru Warnai Sidang Senat Terbuka STAI Persis di Sutan Raja Hotel

Tangis haru mewarnai Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persatuan Islam (Persis), yang tahun ini digelar di Sutan Raja Hotel

Editor: Arief Permadi
TRIBUN JABAR
Salah seorang wisudawan menangis haru pada acara Wisuda ke-23 Stai Persis di Sutan Raja Hotel & Convention Centre, Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/10/2022). 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.ID - Tangis haru mewarnai Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persatuan Islam (Persis), yang tahun ini digelar di Sutan Raja Hotel & Convention Centre, Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/10/2022).

Keharuan memuncak usai pengukuhan mereka sebagai sarjana. Sambil memeluk orangtua, kerabat, atau orang terdekatnya, beberapa menangis hingga tersedu-sedu.

Sebanyak 380 lulusan dikukuhkan sebagai sarjana dalam acara wisuda kali ini. Sebanyak 37 di antaranya dari Program Studi (Prodi) Ilmu Quran Tafsir (IQT), 64 dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), 175 dari Pendidikan Agama Islam (PAI), 53 dari Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan 51 wisudawan dari Prodi Ekonomi Syari'ah.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Persis, Dr H Nurmawan MAg mengaku sangat bersyukur prosesi wisuda bisa kembali mereka lakukan tahun ini. Wisuda kali ini, ujarnya adalah yang ke-23 kalinya, dengan jumlah yang terus bertambah setiap tahunnya.

Namun, pelaksanaan wisuda, ujar Nurmawan, bukanlah semata ritual akademik. Di dalamnya sarat dengan makna. Salah satunya, kata Nurmawan, wisudaan sejatinya adalah wujud akuntabilitas publik, sebagai bentuk laporan kepada PP Persis dan Kopertais Wilayah II Jawa Barat bahwa STAI Persis telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni mendidik dan meluluskan mahasiswa.

"Makna kedua, ini juga merupakan silaturahim dan laporan kepada orang tua atau wali para wisudawan dan wisidawati bahwa STAI Persis telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk menjalankan amanah mendidik putra-putrinya di lembaga kami," ujar Nurmawan, seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan strudi.

Pada wisudaan kali ini, enam lulusan mendapat predikat sebagai lulusan terbaik dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna. IPK tertinggi diraih Shonia Nurtiawan dari Prodi PIAUD, yakni IPK 3,99, dengan skripsi berjudul Hubungan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kecamatan Paseh.

Lulusan terbaik lainnya dari Prodi PAI, yakni Iyan Andayani dan Neng Sopiyah Fauziah. Keduanya sama-sama meraih IPK 3,92. Iyan lulus setelah berhasih mempertahankan skripsinya berjudul Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMK Profita Pajagalan Bandung. Adapun Neng Sopiyah Fauziah lulus setelah mempertahankan skripsinya berjudul Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik, Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas IV di MI Persis 08 Desa Malakasari Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Dari Prodi IQT, tampil sebagai lulusan terbaik, Kartika Sari Dewi dengan IPK 3.83. Ia lulus setelah mempertahankan skripsinya berjudul Citra Perempuan dalam Roeangan An-Nisa, Studi Analisis Penafsiran Ahmad Hassan dalam Majalah Al-Lisaan Jilid 1-5.

Di Prodi KPI, Anggi Ayu Pratiwi menjadi lulusan terbaik dengan skripsi berjudul Strategi Komunikasi Dakwah dalam Isu-isu Perempuan , Analisis Kegiatan Dakwah Hilmi Persis Kabupaten Bandung. Gadis yang sempat mengaku bercita-cita menjadi kepada desa atau lurah ini berhasil meraih IPK 3,72.

Dari Prodi Ekonomi Syari'ah, lulusan terbaik diraih Puja Lisnawati. Ia meraih IPK 3,75 setelah mempertahankan skripsinya berjudul Implementasi Sistem Bagi Hasil Antara Pemilik Lahan dan Penggarap Lahan pada Sektor Pertanian Padi di Kabupaten Bandung. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved