Kasus Ferdy Sambo

Putri Candrawathi Istri Irjen Ferdy Sambo Ditahan, Ini Alasan Polisi Akhirnya Berubah Pikiran

Putri Candrawathi akhirnya menyusul sang suami, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, masuk ke jeruji besi, Jumat (30/9/2022).

Editor: Giri
Tangkap layar Polri TV
Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, dan istrinya, Putri Candrawathi, ketika mengikuti proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J, Selasa (30/8/2022). Putri akhirnya ditahan mulai Jumat (30/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Putri Candrawathi akhirnya menyusul sang suami, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, masuk ke jeruji besi, Jumat (30/9/2022).

Pihak kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memutuskan menahan Putri Candrawathi setelah sekian lama bisa menghirup udara bebas meski bestatus tersangka.

Dari lima tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, hanya Putri yang belum ditahan.

Putri ditetapkan sebagao tersangka pada 19 Agustus 2022.

"Untuk mempersiapkan dan mempermudah proses penyerahan berkas tahap dua, hari ini Saudara PC kita nyatakan, putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Putri Candrawathi sebelumnya hanya dikenakan kewajiban lapor diri dua kali seminggu.

Alasan Polri tidak menahan Putri seusai penetapan tersangka karena terkait kemanusiaan.

Menurut Listyo, keputusan penahanan itu didasarkan pada hasil pemeriksaan jasmani dan psikologi Putri yang dinyatakan dalam kondisi baik.

Baca juga: Wewenang Menahan Putri Istri Ferdy Sambo Masih di Polri Meski Berkas Sudah P21, Ini Alasannya

"Kami telah melaksanakan pemeriksaan terkait dengan kondisi kesehatan baik jasmani dan pemeriksaan psikologi. Baru saja kami mendapatkan laporan bahwa terkait kondisi jasmani dan psikologi dari saudara PC saat ini dalam keadaan baik," katanya.

Sebelumnya, Polri melakukan sejumlah pencegahan terkait status tersangka Putri.

Satu di antaranya pencegahan bepergian ke luar negeri.

"Penyidik masih mempertimbangkan (karena) pertama alasan kesehatan, yang kedua kemanusiaan, yang ketiga masih memiliki balita," ujar Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto saat konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022).

Agung juga menyampaikan, alasan lainnya karena suami Putri, Ferdy Sambo, juga sedang ditahan terkait kasus yang sama.

"Ya, kondisi bapaknya (suaminya) kan juga sudah ditahan," ujar Agung.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved