Bersepeda Bisa Tumbuhkan Konsentrasi Belajar dan Kembangkan Motorik Anak? Ini Kata Psikolog

Psikolog menyatakan bersepeda ke sekolah ternyata dapat meningkatan konsentrasi dan kembangkan motorik anak

dok sripo
Ilustrasi-Para pelajar naik sepeda ke sekolah 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gaya hidup sehat dengan bersepeda menjadi salah satu kebiasaan yang mulai meningkat semenjak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Selain bersepeda yang seringkali dilakukan bersama teman-teman dan keluarga, bersepeda ke sekolah menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Komunitas Bike to Work (B2W) pun terus menggaungkan kampanye untuk kembali bersepeda ke sekolah atau 'bike to school'.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua B2W Bandung, Wildan Fachdiansyah yang menyebutkan kegiatan positif ini bisa dilakukan karena terbantu dengan zonasi sekolah.

Baca juga: Pilihan Favorit Masyarakat Indonesia, Hal yang Perlu Diperhatikan saat Bersepeda Motor Bersama Anak

"Kami berharap adanya zona selamat sekolah di Kota Bandung supaya bisa bersepeda ke sekolah dengan rute aman dan selamat hingga sekolah," ujar Wildan saat konferensi pers di Work Coffee, Jalan Sumbawa No 28, Kamis (28/9/2022).

Saat ini Komunitas BTW , kata  Wildan sudah membuka komunikasi mendorong agar banyak pihak termasuk Pemkot Bandung menerapkan rute aman selamat sekolah.

"Kami juga ingin memetakan jalur mana yang aman untuk siswa dan berharap bisa memperpanjang jalur sepeda," katanya.

Sebagai seorang guru, Rahmat Suprihat mendukung kegiatan bersepeda aman ke sekolah.

Guru SMPN 55 Kota Bandung ini justru memiliki cara jitu untuk mengajak muridnya kembali bersepeda ke sekolah.

Saat ini, kata Rahmat ada 75 SMP di Bandung yang turut mensosialisasikan bersepeda ke sekolah.

Ini twittpic Ridwan Kamil yang mengajak warga Bandung untuk bersepeda dalam beraktivitas sebagai cara mengurangi dampak kenaikan BBM bersubsidi.
Ini twittpic Ridwan Kamil yang mengajak warga Bandung untuk bersepeda dalam beraktivitas sebagai cara mengurangi dampak kenaikan BBM bersubsidi. (@ridwankamil)

Sejak tiga tahun lalu, ia sudah membuat gerakan 'Nyasab Babarengan' dimana ia bersepeda dengan para muridnya setiap  Sabtu.

"Saya bersepeda dengan mereka biasanya ke museum dan tempat sejarah lainnya. Ketika  kembali ke sekolah anak-anak ini punya banyak energi dan selama pandemi gerak mereka dibatasi, melalui aktivitas fisik bersepeda ini tentu  bisa jadi solusi," katanya.

Untuk mengajak murid kembali bersepeda, ia pun menegaskan guru lah yang menjadi peran utama memberikan pengaruh untuk bersepeda ke sekolah.

Namun ia pun menyadari kegiatan kembali bersepeda ke sekolah ini  tidak bisa maksimal jika jalur lalu lintas tidak aman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved