Revitalisasi Alun-alun Karawang dan Alun-alun Kabupaten Bekasi Tahun Ini, Biar Warganya Bahagia

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menata sejumlah alun-alun di tiap daerah sehingga warga memiliki kebanggaan terhadap daerahnya sendiri.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memberikan sebutan dalam acara Muktamar Persatuan Islam (Persis) Ke XVI di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022).  

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menata sejumlah alun-alun di tiap daerah sehingga warga memiliki kebanggaan terhadap daerahnya sendiri.

ALun-alun yang ditata melahirkan tempat wisata baru, tempat rekreasi gratis bagi warga setempat. Apalagi, penataan alun-alun dipadukan dengan kearifan lokal di setiap daerahnya.

Menurut Ridwan Kamil, pada 2022 ini setidaknya ada penataan enam alun-alun yang akan diresmikan. Antara lain,Alun-alun Sukabumi, Alun-alun Garut, Alun-alun Kuningan, Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon yang diberi nama Sangkala Buana, Alun-alun Pangbagea menjadi ikon baru Kabupaten Pangandaran, dan Alun-Alun Kota Bekasi.

Pada tahun ini juga pihaknya menargetkan revitalisasi Alun-alun Karawang dengan anggaran sekitar Rp20 miliar.

"Serta revitalisasi Alun-alun Kabupaten Bekasi dengan alokasi anggaran Rp8,9 miliar. Semoga revitalisasi Alun-alun semakin membahagiakan warga sebagai wujud kasih sayang dari para pemimpinnya, baik Gubernur maupun Bupati dan walikota," katanya, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Kisah Ibu dan Anaknya Dipanggil Bertemu Ridwan Kamil, karena Curhat Anak Dibully Pakai Seragam Lusuh

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Pemprov Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, revitalisasi alun-alun diharapkan bisa mendorong perekonomian masyarakat.

"Dampak dari sisi kesehatan, kebahagiaan dan berbagai hal lainnya, bisa muncul dari ruang publik. Itu mengapa alun-alun dihadirkan," ujar Wahyu.

Meski dianggarkan dari APBD Pemprov Jabar, namun untuk urusan tata kelola alun-alun diserahkan ke kota dan kabupaten setempat.

"Diharapkan masyarakat juga bisa turut berkontribusi dalam menjaga fasilitas-fasilitas yang ada. Karena yang menikmati ruang publik ini, ya masyarakat itu sendiri," kata Wahyu.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved