Dukung Peningkatan Literasi Warga Desa, PLN Hadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Cipondok

PLN Peduli memberi perhatian pada peningkatan kualitas SDM dengan menghadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Cipondok, Kabupaten Kuningan, Jabar

dok. PLN
PLN Peduli memberi perhatian pada peningkatan kualitas SDM dengan menghadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Cipondok, Kabupaten Kuningan, Jabar 

TRIBUNJABAR.ID,- PT PLN (Persero) melalui PLN Peduli memberi perhatian pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menghadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Cipondok, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Keberadaan fasilitas ini dapat meningkatkan minat baca dan pengembangan kompetensi warga desa.

Rasa bahagia, optimis sekaligus haru bergelayut di benak Mayasaroh, penggagas sekaligus Ketua Rumah Baca Cerdas Ceria saat berdiri di depan bangunan Rumah Baca Cerdas Ceria. Dia tidak menyangka impian yang dia perjuangkan sejak kuliah kini dapat cepat terwujud dengan bantuan dari PLN

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada PLN Peduli. Ketika kita benar- benar ikhlas, niat ingin memberikan manfaat terbaik untuk masyarakat itu jalannya ada saja. Kebaikan itu ternyata menular. Semoga kebaikan dari PLN Peduli menjadi support lebih bagi saya untuk tetap mengembangkan rumah cerdas baca cerdas ceria,” ujar Mayasaroh.

Mayasaroh pun yakin dengan adanya taman bacaan di masyarakat, kesempatan orang-orang untuk memperoleh ilmu pengetahuan semakin besar sehingga wawasan dan mindsetnya akan lebih terbuka.

PLN Peduli memberi perhatian pada peningkatan kualitas SDM dengan menghadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Cipondok, Kabupaten Kuningan, Jabar
PLN Peduli memberi perhatian pada peningkatan kualitas SDM dengan menghadirkan Rumah Baca Cerdas Ceria di Desa Cipondok, Kabupaten Kuningan, Jabar (dok. PLN)

Di hadapan anak didik dan ibu-ibu warga desa Cipondok, Mayasaroh mengenang kembali jejak-jejak awal perjuangannya membangun Rumah Baca. Dia bercerita bahwa pendirian rumah baca berawal dari kegelisahannya terhadap keterbatasan akses bacaan.

Agar dapat membaca buku, dia harus pergi ke Perpustakaan Daerah Kota dengan kendaraan karena lokasinya yang jauh, Oleh karena itu, dia mempertanyakan bagaimana nasib pendidikan warga di sekitarnya dengan keterbatasan tersebut.

“Karena kegundahan tersebut, saya jadi ingin mendirikan rumah baca. Saya juga mengadakan bimbingan belajar yang pada akhirnya memperkuat motivasi saya untuk mendirikan rumah baca,” katanya.

Kini, setelah mendapat bantuan dari PLN, Rumah Baca Cerdas Ceria telah memiliki gedung baru sendiri yang terdiri dari ruang membaca, ruang bermain, ruang belajar mengajar, dan ruang digital learnig sehingga pengunjung tidak perlu lagi khawatir kehujanan saat belajar. Fasilitas Rumah Baca pun makin lengkap dengan adanya tambahan berbagai jenis buku (mulai dari buku anak-anak, biografi, hingga novel), alat permainan edukasi anak, dan computer untuk pembelajaran digital.

Rumah Baca Cerdas Ceria ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja namun bagi semua golongan usia termasuk para ibu-ibu di desa Cipondok. Di sini pengunjung dapat meminjam buku, ikut bimbingan belajar persiapan ujian sekolah, atau pelatihan ketrampilan lainnya.

Pengunjung bahkan juga bisa usul untuk mengadakan program bimbingan sesuai kebutuhan mereka, misalnya bimbingan ketrampilan word dan excel bagi ibu-ibu. Untuk meminjam buku atau mengikuti berbagai program Rumah Baca Cerdas Ceria, pengunjung tidak dikenai biaya sepersen pun.

“Niat saya mengabdi untuk negara dan desa saya, sehingga biaya seadanya saja, tidak memungut biaya dari anak-anak maupun pengunjung. Saya cukup berbahagia melihat anak-anak dan para ibu yang antusias datang ke rumah Baca dan mengikuti programnya,” pungkas Mayasaroh

Sementara itu, raut bahagia dan rasa ingin tahu yang tinggi terpancar di wajah anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Dengan semangat, anak-anak membaca buku-buku baru yang diberikan oleh PLN.

Hal yang sama juga dirasakan ibu-ibu di Cipondok. Usia dan waktu tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk tetap bisa melakukan hobinya, yaitu membaca. Buku-buku inspiratif menjadi buku bacaan yang diminati para ibu di Rumah Baca Cerdas Ceria

“Semangat membaca dan belajar anak-anak dan para ibu di desa ini sangatlah tinggi. Mereka suka bertanya, apakah ada buku baru dan jadwal program ketrampilan yang baru. Hal ini mematik saya untuk semakin memajukan Rumah Baca Cerdas Ceria,” terang Mayasaroh.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha berharap Rumah Baca Cerdas Ceria dapat menjadi pusat Pendidikan informal bagi masyarakat desa Cipondok yang nantinya akan membantu memajukan dan menambah wawasan masyarakat di lokasi sekitar.

“Program ini merupakan wujud nyata kepedulian PLN dalam mendukung sektor pendidikan di Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga desa Cipondok,” ucap Agung

Agung menambahkan, dengan adanya Rumah Cerdas Ceria ini, masyarakat desa Cipondok khususnya anak-anak bisa lebih mudah mendapatkan akses buku dan pengetahuan keterampilan lainnya sehingga ke depannya mampu bersaing di dunia global.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved