535 Warga Cianjur Ikut Seleksi Panwascam, Akan Ditentukan Apakah Pendaftaran Diperpanjang atau Tidak

Bawaslu Cianjur membuka pendaftaran seleksi panwascam. Hingga kini ada 535 orang yang mendaftar.

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Ratusan peserta ikuti seleksi Panwascam yang digelar Bawaslu Cianjur. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebanyak 535 warga Cianjur mengikuti Seleksi Panwascam yang digelar Bawaslu Cianjur dalam menghadapi Pemilu 2024.

Peserta yang ikut terdiri dari laki-laki 450 orang dan perempuan 85 orang.

Ratusan peserta yang ikut seleksi akan mengikuti proses penelitian berkas pendaftaran yang akan dilakukan selama dua hari.

"Tanggal 30 akan ditentukan apakah pendaftaran akan diperpanjang atau tidak setelah penelitian itu dilakukan," ujar Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari, Rabu (28/9/2022) di kantor Bawaslu Jalan Raya Bandung.

Usep mengatakan perpanjangan akan dilakukan berdasarkan beberapa aturan di antaranya peserta seleksi kurang dari dua kali kebutuhan dan tidak ada keterwakilan perempuan.

Ia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Cianjur melaksanakan perekrutan anggota Panwascam untuk ditempatkan di 32 kecamatan. Perekrutan dilakukan secara online dan offline.

Seleksi dilakukan berdasarkan Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 314/HK/.01.00/K1/09/2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dan Dalam rangka pembentukan Panwaslu Kecamatan Dalam pemilu Serentak tahun 2024.

Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Cianjur Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarakan diri sebagai Calon anggota Panwaslu Kecamatan.

"Besok akan dilakukan penelaahan ketersediaan dan alokasi anggota Panwascam. Satu kecamatan akan direkrut tiga orang dan harus ada keterwakilan perempuan," katanya.

Baca juga: Luar Biasa, Pendaftar Panwascam di Kota Sukabumi Tembus 1.200 Orang, Padahal Cuma Butuh 21 Orang

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved