Dikabarkan Dikudeta Militer Cina, Presiden Xi Jinping Akhirnya Muncul, Hadir Dalam Sebuah Pameran

Selasa (27/9/2022), Presiden Cina Xi Jinping dikabarkan hadir di sebuah pameran. Isu kudeta terbantahkan?

Editor: taufik ismail
EPA/BBC Indonesia/Kompas.com
Presiden China, Xi Jinping, bertepuk tangan dalam pembukaan Kongres Rakyat China di Beijing Senin (5/3/2018). Isu kudeta Xi Jinping sedikit demi sedikit terbantahkan. 

TRIBUNJABAR.ID - Isu kudeta militer di Cina menyeruak akhir pekan lalu.

Dikabarkan Presiden Cina Xi Jinping dikudeta oleh militer.

Meski belum ada pernyataan, rumor kudeta itu sedikit demi sedikit terbantahkan.

Yang teranyata Xi Jinping dilaporkan mengunjungi sebuah pameran di Beijing, Selasa (27/9/2022).

Ini adalah penampilan publik pertama Xi Jinping sepulangnya dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Shanghai Cooperation Organisation (SCO) di Uzbekistan pada pertengahan September lalu.

Berkunjungnya sang presiden ke sebuah pameran di Beijing tersebut disiarkan oleh televisi negeri Cina sebagaimana dilansir The Hindustan Times.

Kunjungan Xi ke pameran sekaligus menjadi kemunculan publik pertamanya sejak isu kudeta yang berembus pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, usai Xi tak kunjung terlihat sepulangnya dari Uzbekistan, muncul rumor bahwa ia dikudeta militer dan ditaruh dalam tahanan rumah.

Akan tetapi, kebanyakan pengamat menyebut rumor kudeta itu sebagai hoaks belaka.

Rumor kudeta terhadap Xi Jinping pun semakin terbantahkan usai sang presiden masuk dalam daftar delegasi peserta Kongres Nasional Partai Komunis China yang dipublikasikan pada Minggu (25/9/2022).

Dalam Kongres Partai Komunis China ke-20, Xi Jinping diyakini akan dipilih kembali menjadi presiden Cina untuk yang ketiga kalinya.

Rumor kudeta terhadap Xi Jinping sendiri menyebar seiring situasi politik Cina yang memanas usai pembersihan sejumlah pejabat senior yang disebut sebagai oposisi sang presiden.

Pada awal September, pemerintahan Xi Jinping memenjarakan sejumlah pejabat tinggi, yakni Wakil Menteri Keamanan Masyarakat Sun Lijun, Mantan Menteri Kehakiman Fu Zhenghua, serta mantan kepala polisi di Shanghai, Chongqing, dan Shanxi atas dakwaan korupsi.

Baca juga: Militer Cina Gulingkan Presiden Xi Jinping, Ini Awal Mula Kabar Kudeta Menyebar, Pengamat AS: Hoaks

Artikel ini sudah tayang di Kompas.TV.

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved