Opsi Menaikan Harga BBM dan Upaya Mencapai Kedaulatan Energi Nasional

Opsi menaikan harga BBM saat ini dinilai bukan langkah tepat karena masih ada pilihan untuk menambah subsidi dengan mengalokasikan anggaran lain.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Seminar kedaulatan energi digelar Serikat Pekerja Pertamina UPms III di Bandung. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Opsi menaikan harga BBM saat ini dinilai bukan langkah tepat karena masih ada pilihan untuk menambah subsidi dengan mengalokasikan anggaran lain.

Hal itu dikatakan ekonom Indef Dr M Rizal Taufikurahman dalam seminar Implikasi Kebijakan Energi terhadap Kedaulatan dan Ketahanan Ekonomi yang digelar Serikat Pekerja Pertamina UPms III di Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Minggu (25/9/2022).

Rizal mengatakan, saat ini, APBN menganggarkan berbagai macam uang untuk pendanaan proyek strategis nasional, mulai dari kereta cepat Jakarta-Bandung hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Bukan waktu yang tepat untuk penyesuaian harga BBM karena di tengah pengalokasian anggaran untuk proyek strategis nasional seperti pembangunan IKN," kata Rizal.

Baca juga: Ada 20 Desa Rawan Pangan di Kabupaten Bandung, Pangalengan Paling Terdampak Kenaikan Harga BBM

Sehingga, ia menyinggung soal menambah subsidi BBM dengan mengalokasikan sementara anggaran APBN untuk proyek strategis nasional. Pasalnya, dampak dari kebijakan menaikan BBM ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso menerangkan bahwa Pertamina mengemban amanah agar energi tersalurkan ke seluruh masyarakat.

"Pertamina mengemban amanah agar bagaimana energi ini tersalurkan dan dapat diterima oleh masyarakat," kata Harsono.

Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu, Arie Gumilar mengatakan, Pertamina mengemban tugas menjaga kedaulatan energi nasional. Meskipun di sisi lain banyak kebijakan yang justru menyulitkan Pertamina.

Ketua Umum SPP UPms III, Aryo Wibowo membuka sambutan dengan memberikan perspektif terkait kondisi yang dirasakan oleh masyarakat saat ini.

"Kedaulatan energi sangat penting bagi suatu negara. Besar harapan seluruh partisipan mampu bergerak sebagai pejuang energi demi mewujudkan Kedaulatan Energi Nasional," kata Aryo.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved