Ketum PSSI Sebut Shin Tae-yong Juga Untungkan Indonesia di Sisi Lain, Bukan Cuma Sepak Bola

Mochamad Iriawan, menilai keberadaan Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional Indonesia tak hanya memberikan dampak positif bagi sepak bola.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Giri
Istimewa
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melambaikan tangan di antara pendukung tim nasional Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai keberadaan Shin Tae-yong (STY) sebagai pelatih tim nasional Indonesia tak hanya memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia. 

Menurutnya, selain melatih timnas, Shin Tae Yong juga mampu menjadi penghubung bilateral antara pemerintah Indonesia dan Korea Selatan.

"Korea Selatan merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya sama seperti Indonesia. Hanya saja kekuatan budayanya tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dijual, bahkan menjadi ikon global. Sedangkan Indonesia belum punya pakem khusus untuk memonetisasi kekayaan budayanya ini," ujar Mochamad Iriawan dalam keterangannya, Senin (26/9/2022). 

Dalam momentum ini, kata dia, pemerintah Indonesia bisa memanfaatkan Shin Tae Yong untuk meminta negara asalnya menularkan ilmu ke Indonesia dalam komersialisasi budaya, tentunya tanpa melanggar norma yang ada.

"Hubungan dekat kita dengan Korea melalui STY ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Jadi melalui STY pun kita bisa belajar ke Korea Selatan bagaimana mematenkan produk budaya kita untuk lebih dikenal masyarakat, hingga tingkat global," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Dia mencontohkan industri musik Korea yang saat ini digandrungi anak muda di dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia Lawan Curacao di Stadion GBLA Sepi Penonton, Ini Kata Ketua Umum PSSI

"Hadirnya grup BTS sebenarnya menggerakkan potensi ekonomi di Indonesia pula. Banyak UMKM lokal yang menjual pakaian, topi dan pernak-pernik BTS," ucapnya.

Selain produk pakaian, banyak makanan Korea pun bermunculan di Indonesia.

Bahkan merambah juga ke industri film. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. PSSI berencana memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. PSSI berencana memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. (PSSI.org)

"Ada beberapa film Indonesia terinspirasi dari film asal Korea," katanya.

Melalui Shin Tae-yong, kata dia, Indonesia bisa mengenalkan produk-produknya sampai ke Korea secara masif. 

"Misal kita punya produk bola sepak yang ada di Tanggerang, lalu kita minta bintang-bintang Korea ini main sepak bola pakai produk tersebut. Maka nilai ekonomis produk ini akan semakin tinggi," ucapnya.

Baca juga: Bek Persib Bandung Bertekad Bawa Timnas Indonesia Menang Lagi Lawan Curacao di Bogor

Atau bisa juga industri makanan produk-produk UMKM. Caranya, kata dia, minta bantuan Shin Tae-yong meluangkan waktunya untuk mencicipi produk tersebut.

"Imbasnya adalah berita ini akan sampai ke Korea Selatan dengan efektif dan masif," katanya.

Sebab, kata Iwan Bule, selama Shin Tae-yong melatih di Indonesia, warga Korea Selatan selalu memantau dan mengikuti perkembangan di Indonesia.

Oleh karena, kata dia, kehadiran STY ini menguntungkan Indonesia secara umum. Baik kualitas sepak bola yang semakin baik, ditambah dengan membantu perekonomian Indonesia secara umum. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved